Ingin Tahu Apa Makna Cincin di Setiap Jari? Simak Penjelasannya Disini!

Makna cincin pada setiap jari. (Foto: grid)

Sukoharjonews.com – Perhiasan cincin wanita merupakan salah satu item fesyen yang banyak digunakan untuk menunjang penampilan. Tak hanya itu, cincin wanita berlian juga kerap menjadi simbol pengikat cinta yang digunakan dalam momen acara lamaran atau pertunangan. Prosesi ini menjadi simbol ikatan cinta yang akan semakin erat untuk menuju jenjang pernikahan dan membangun rumah tangga.


Dikutip dari Bride Story, pada Minggu (18/2/2024), inilah makna cincin disetiap jari:

1. Ibu Jari
Ternyata memakai cincin di ibu jari dianggap sebagai simbol kekuasaan dan kekuatan. Tapi memakai cincin di ibu jari juga menjadi sebuah fashion statement karena biasanya cincin yang dikenakan akan berukuran besar sehingga menunjukkan rasa percaya diri si pemakai cincin.

2. Jari Telunjuk
Selain ibu jari, penyematan cincin di jari telunjuk juga cara untuk menjadi eye catching. Tapi pada masa lalu, orang yang boleh menyematkan cincin di jari telunjuk adalah raja dan ratu. Mereka yang mengunjungi raja dan ratu harus membungkuk lalu mencium cincin di jari telunjuk kanan. Tujuannya untuk menunjukkan loyalitas kepada penguasa.


3. Jari Tengah
Menyematkan cincin di jari ini memiliki makna kekuatan, keseimbangan dan stabilitas. Bagi mereka penggemar cincin berlian, sering kali memilih jari tengah sebagai bentuk pernyataan atau statement kepada siapa saja. Selain posisinya yang di tengah, jari ini juga lebih jenjang sehingga semakin terlihat ketika memakai cincin berlian. Menariknya lagi, pada beberapa kebudayaan menyematkan cincin di jari tengah juga berarti telah menikah.

4. Jari Manis
Bagi kebanyakan budaya jari manis adalah tempat yang pas untuk menyematkan cincin pertunangan atau pernikahan. Adalah budaya Yunani yang mengatakan bahwa jari manis memiliki vena yang langsung mengalirkan darah ke jantung atau disebut vena amoris. Jantung sendiri dimaknai sebagai pusat emosi yang juga termasuk di dalamnya emosi tentang cinta.


5. Jari Kelingking
Pernahkah Anda memperhatikan kalau pemeran mafia di film-film sering kali menggunakan cincin di jari kelingkingnya? Pemilihan jari kelingking untuk menyematkan cincin ini karena melambangkan intuisi dan pentingnya keluarga. Karena seringkali cincin yang dikenakan di kelingking kemudian diberikan pada generasi penerus bisnis keluarga. Jari kelingking identik dengan intuisi karena konon dikendalikan oleh Merkuri. Memakai cincin dengan batu amber, citrine atau moonstone dipercaya bisa memaksimalkan “daya magis” merkuri dalam menajamkan intuisi Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *