Ragam  

HUT Bhayangkara, Polres Gelar Lomba Bongkar Pasang Senjata Dengan Mata Tertutup

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi menyempatkan diri menyaksikan lomba bongkar pasang senjata dengan mata tertutu, Jumat (21/6).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 terus digelar oleh Polres Sukoharjo. Kali ini, Polres menggelar Lomba Bongkar Pasang Senjata dengan Mata Tertutup, Jumat (21/6). Lomba itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penguasaan senjata api jenis laras panjang. Lomba digelar di halaman parkir Mapolres. Terdapat 26 personel dari seluruh jajaran Polsek. Setiap Polsek mengirimkan dua personelnya dan ditambah dari personil Sat Sabhara.



“Jadi, lomba ini dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-73 sekaligus untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penguasaan senjata api khususnya laras panjang,” jelas Kasat Sabhara AKP Thourakhman.

Menurutnya, dalam lomba kali ini menggunakan dua jenis kategori yang dilombakan, yakni bongkar pasang senjata dengan mata terbuka dan dengan mata tertutup. Untuk jenis senjata yang digunakan dalam lomba adalah senapan api laras panjang jenis V2. Rakhman mengatakan, kegiatan tersebut perlu dilaksanakan secara rutin agara para personel tidak lupa akan ilmu kepolisian khususnya penggunaan senjata api.

Lomba seperti tersebut sangat berguna untuk personel khususnya personel yang sudah di tempatkan di Polsek. “Personel yang ditempatkan di Polsek sangat jarang sekali menggunakan senjata api, jadi lomba ini juga bisa sebagai penyegaran tentang penguasaan senjata api,” katanya.

Rakhman menambahkan, dalam lomba tersebut semua personel yang mengikuti lomba bisa menyelesaikan lonba merakit senjata. Namun, tetap saja ada personel yang kesulitan terutama untuk personel Polsek yang sudah berumur. Seperti yang disampaikan salah satu peserta dari Polsek Bulu, Bripka Bambang yang mengaku kesulitannya adalah saat merakit senjata dengan mata tertutup.

“Kalau dengan mata terbuka masih mudah, kalau mata tertutup, selain kita harus sudah mengenali betul jenis senjata, juga dibutuhkan perasaan agar tidak ada yang salah,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *