[HOAKS] Phishing Mengatasnamakan BRI

Hoaks mengatasnamakan BRI. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah hoaks beredar di Whatsapp yang berupa tangkapan layar yang mengatasnamakan BRI dan mengirim pesan kepada nasabah. Pesan itu berisi surat resmi bertandatangan dan bermeterai serta mengarahkan nasabah untuk mengklik tautan yang terlampir dalam pesan.


Dikutip dari laman Kominfo, Rabu (10/7/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar unggahan tangkapan layar WhatsApp yang mengeklaim mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengirim pesan kepada para nasabah. Adapun pesan tersebut berisi surat resmi bertandatangan dan bermaterai serta mengarahkan nasabah untuk mengklik tautan yang tertera di pesan tersebut.

Faktanya, klaim mengatasnamakan BRI mengirimkan pesan kepada para nasabahnya untuk mengklik tautan adalah tidak benar dan merupakan modus penipuan. Dilansir dari riauonline.co.id, tautan tersebut teridentifikasi mengarah ke situs yang berbahaya dan situs tersebut tidak langsung terhubung ke situs resmi BRI.


BRI juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap akun yang mengatasnamakan BRI, baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. BRI hanya menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial yang terverifikasi.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://www.riauonline.co.id/fact-check/read/2024/07/07/waspada-pesan-japri-berisi-link-marak-kejahatan-Phishing-modus-nama-pejabat-dan-bank

– https://www.bri.co.id/en/web/guest/waspada-modus-detail?title=kenali-lebih-dekat-akun-resmi-bri. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *