[HOAKS] Pesan WhatsApp Aplikasi PPS Pemilu 2024

Hoaks pesan berantai berupa aplikasi APK dimana file tersebut adalah “PPS PEMILU 2024” yang ternyata penipuan. (Foto: Dok Kemenkominfo)

Sukoharjonews.com – Waspada hoaks yang berujung penipuan. Seperti hoaks yang beredar secara berantai melalui Whatsapp berisi sebuah file aplikasi android APK. File tersebut mirip dengan kasus file undangan pernikahan dan kali ini bernama “PPS PEMILU 2024”.


Dilansir dari laman Kemenkominfo, Rabu (6/12/2023), berikut ini faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah pesan berantai pada platform WhatsApp berisi file aplikasi android berekstensi APK. File tersebut diberi nama “PPS PEMILU 2024”.

Faktanya, file apk yang beredar tersebut merupakan modus penipuan. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui akun X/Twitter resminya @sukoharjo_kab memberikan klarifikasi bahwa file apk PPS PEMILU 2024 tersebut mirip dengan modus penipuan apk undangan pernikahan. Dilansir dari kumparan.com, aplikasi tersebut adalah salah satu upaya penipuan dengan cara membobol mobile banking calon korban. Ketika di-install, aplikasi tersebut akan meminta akses Short Message Service (SMS).


Dari sini pelaku sudah mendapatkan username dan password mobile banking korban yang didapat dari kebocoran data yang ketika dilakukan log in mobile banking akan mengirimkan kode One Time Password (OTP) melalui SMS yang nantinya dapat dibaca oleh pelaku melalui aplikasi yang telah terpasang tersebut. Untuk menghindari risiko seperti ini, masyarakat disarankan untuk memasang aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://twitter.com/sukoharjo_kab/status/1731545391278280902

– https://kumparan.com/kumparantech/waspada-penipuan-berkedok-undangan-nikah-di-wa-bisa-bobol-m-banking-1ziYeSf6tx4/1. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *