[HOAKS] Merokok dapat Menyembuhkan Covid-19

Hoaks merokok dapat menyembuhkan Covid-19. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Unggahan di media sosial X/Twitter menyertakan sebuah narasi yang menyebut jika satu keluarga yang seluruh anggotanya merokok untuk menyembuh visus Covid-19. Apakah benar demikian?


Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (21/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial X/Twitter dengan narasi yang menyebutkan adanya satu keluarga yang seluruh anggotanya merokok untuk menyembuhkan dan melawan virus Covid-19.

Faktanya, merokok tidak dapat menyembuhkan atau melawan virus Covid-19. Dilansir dari turnbackhoax.id, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) justru menyebutkan merokok diketahui menjadi faktor risiko berbagai infeksi saluran pernapasan dan meningkatkan tingkat keparahan penyakit saluran pernapasan.


Penelitian yang dilakukan pakar-pakar kesehatan masyarakat yang diadakan oleh WHO pada tanggal 29 April 2020 mendapati bahwa perokok lebih tinggi kemungkinannya menderita penyakit Covid-19 yang parah dibandingkan orang yang tidak merokok. Lebih lanjut, Covid-19 merupakan sebuah penyakit menular yang utamanya menyerang paru-paru. Merokok diketahui dapat merusak fungsi paru-paru sehingga tubuh lebih sulit melawan coronavirus dan penyakit-penyakit lain.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/06/18/salah-merokok-bisa-menyembuhkan-covid-19/

– https://www.who.int/indonesia/news/detail/11-05-2020-pernyataan-who-penggunaan-tembakau-dan-covid-19

– https://www.liputan6.com/global/read/4250325/merokok-bisa-sembuhkan-sakit-virus-corona-covid-19-ini-kata-who?page=3. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *