[HOAKS] Anwar Usman Disingkirkan Usai Terbukti Menangkan Prabowo – Gibran

Hoaks tentang mankan Ketua MK, Anwar Usman disingkirkan. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks kembali diunggah di platform Youtube. Dalam video ini mengeklaim jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman disingkirkan usai terbukti memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.


Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (24/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar unggahan video di sebuah kanal YouTube yang mengeklaim bahwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman disingkirkan usai terbukti memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Faktanya, klaim dalam video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan. Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Anwar Usman yang kembali dilaporkan ke Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) atas dugaan pelanggaran kode etik.


Narasi tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Anwar Usman Dilaporkan ke MKMK, Diduga Sewa Pengacara Sengketa Pileg untuk Lawan MK di PTUN” yang dimuat pada 13 Mei 2024.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/05/21/salah-anwar-usman-disingkirkan-usai-terbukti-menangkan-prabowo-gibran/

– https://nasional.kompas.com/read/2024/05/13/14244891/anwar-usman-dilaporkan-ke-mkmk-diduga-sewa-pengacara-sengketa-pileg-untuk?page=all. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *