Hingga 31 Agustus, UMKM Yang Mendaftar Untuk bantuan Modal Capai 59.822 UMKM

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pelaku UMKM Sukoharjo yang berminat untuk mendapatkan stimulus bantuan modal dari pemeritah pusat cukup banyak. Hingga 31 Agustus yang lalu, jumlah UMKM yang mengisi data secara online melalui google form mencapai 59.822 UMKM. Bahkan, meski sudah ditutup per 31 Agustus, masih banyak UMKM yang mendaftar.



“Peminatnya sangat banyak karena meski sudah ditutup per 31 Agustus tetap saja masih ada yang mendaftar,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Sutarmo, Rabu (2/9/2020).

Nantinya, ujar Sutarmo, UMKM yang lolos verifikasi akan mendapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp2,4 juta. Untuk pendaftar tahap 1 sendiri untuk Sukoharjo ada 3.094 UMKM yang lolos verifikasi dan menerima bantuan. Untuk tahap 2 sendiri, meski sudah ditutup data pendaftar yang masuk tetap ditampung sepanjang kuota pemerintah pusat sebanyak 12 juta UMKM belum terpenuhi.

“Sepanjang kuota belum terpenuhi, berkas pendaftaran UMKM tetap kami terima,” ujarnya.

Sutarmo juga mengatakan, untuk UMKM yang mendaftar, dinas tidak bisa memberikan jawaban atau konfirmasi satu persatu karena banyaknya pendaftar. Selama ini, UMKM yang mendaftar cukup mengisi google form yang sudah diedarkan ke masyarakat melalui kecamatan maupun secara online.

Sutarmo juga mengatakan, pengisian data dalam google form tersebut harus lengkap dan benar. Pasalnya, jika ada yang tidak disisi atau pengisian salah bisa menggugurkan saat dilakukan verifikasi. Penentukan UMKM yang lolos verifikasi dan berhak mendapat bantuan adalah pemerintah pusat. “Tugas daerah hanya memfasilitasi dengan menampung UMKM pendaftar, yang menentukan pusat,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed