Hindari Konsumsi 4 Makanan Ini Selama Puasa untuk Hindari Wajah Berminyak

Makanan penyebab minyak diwajah. (Foto : Sie News)

Sukoharjonews.com – Makanan yang buat wajah berminyak harus kamu waspadai, terutama di bulan Ramadan. Kurangnya hidrasi pada kulit saat puasa, dapat menurunkan penampilan kamu lho.


Dilansir dari Byrdie, Senin (17/4/2023),penting mengetahui bahwasannya perawatan kulit bukan hanya berasal dari faktor luar seperti penggunaan produk skincare. Tetapi, juga makanan tertentu yang dikonsumsi sehari-hari.

1. Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi
Makanan dengan cita rasa gurih memang sangat cocok jadi santapan untuk sahur. Namun, kamu harus menghindarinya jika tidak ingin kulit wajah jadi berminyak di pagi hari.

Pada dasarnya, garam tidak secara langsung memberikan efek berminyak. Tetapi, hal tersebut berbeda dengan natrium pada garam yang dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kulit akan mencoba melawannya dengan memproduksi minyak secara berlebihan demi menyeimbangkan kelembapan. Contoh makanan yang tinggi kandungan garam di antaranya ada udang, mie instan, sereal instan, bumbu masak instan, dan makanan cepat saji.


2. Makanan Manis yang Tinggi Kadar Gula
Makanan manis nyatanya tidak hanya meningkatkan kadar glukosa darah, tapi juga mampu menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Melansir dari Byrdie, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa makanan tinggi gula dapat meningkatkan produksi IGF-1.

IGF-1 adalah hormon peptida yang tak hanya merangsang pertumbuhan, tapi juga dapat menjadi penyebab kelebihan produksi sebum atau minyak berlebih. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang tinggi kadar gulanya. Bila kamu memang ingin mengonsumsi makanan manis, coba ganti dengan buah apel atau kue gandum rendah gula.


3. Susu dan Produk Olahan yang Serupa
Siapa sangka susu dan produk olahan yang serupa dapat membuat kulit menjadi berminyak? Faktanya, terdapat penelitian yang mengaitkan susu dengan meningkatnya produksi hormon insulin dan IGF-1.

Menurut penelitian yang terbit pada Nutrients, susu mengandung protein yang kaya akan tryptophan dan jenis asam amino lain seperti leucine, isoleucine, dan valine. Kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat menstimulasi atau merangsang produksi IGF-1 dan hormon insulin.

Dengan begini, secara tidak langsung susu dan olahan serupanya berpotensi besar membuat wajah berminyak.


4. Segala Macam Gorengan
Sudah tidak mengherankan jika gorengan lebih banyak membawa dampak negatif pada kondisi kesehatan tubuh. Gorengan bisa menyebabkan terjadinya risiko diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Di sisi lain, dari kondisi kesehatan kulit gorengan juga berdampak buruk dengan memengaruhi produksi sebum.

Makanan yang melalui proses penggorengan dengan minyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans, di mana kedua lemak ini berisiko menimbulkan peradangan pada kulit dan meningkatkan produksi minyak. Tak jarang juga, gorengan disebut sebagai salah satu penyumbang penyebab terjadinya komedo dan jerawat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *