Hati-Hati Penipuan Melalui Whatsapp, Atas Namakan Bupati Sukoharjo

Waspada penipuan. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Masyarakat khususnya di Kabupaten Sukoharjo harus waspada dan hati-hati. Pasalnya, akhir-akhir ini beredar modus penipuan melalui pesan Whatsapp (WA) mengatasnamakan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Untuk meyakinkan, foto profil yang dipasang pun ada Etik Suryani bersama suami, Wardoyo Wijaya, bahkan nampak juga Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam foto profil tersebut.


“Ada beberapa warga di Kartasura yang mendapat WA mengatasnamakan Bu Etik. Yang dapat pesan WA kemudian bertanya-tanya apa benar nomor itu nomor Bu Etik, Bupati Sukoharjo,” ujar warga Kartasura, Wahyu Ibadi, Selasa (1/4/2022).

Dia mengatakan, nomor WA tersebut 0813 5891 8202 dengan nama akun Hj. Etik Suryani, SE, MM dan memasang foto profil sejumlah pejabat termasuk Etik Suryani. Wahyu mengaku sampai saat ini belum ada warga yang jadi korban penipuan. Oknum tersebut dalam pesan WA mengaku sebagai Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan hendak memberi bantuan sosial.

“Istri saya juga dapat pesan WA dari nomor yang sama dengan nama akun Hj Etik itu. Tapi karena curiga hanya modus penipuan, nomor langsung diblokir,” ujar warga lain, Kartika Bagus.

Terpisah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Pemkab Sukoharjo, Budi Santoso, menegaskan jika nomor tersebut bukan nomor Bupati Sukoharjo. Untuk itu, Budi meminta masyarakat untuk waspada dan hati-hati agar tidak jadi korban penipuan. Jika mendapat pesan agar diabaikan atau diblokir.

“Yang jelas, nomor itu bukan nomor handphone Bupati Sukoharjo. Dulu, saat awal menjabat juga pernah muncul modus-modus penipuan yang mengatasnamakan Bupati. Beberapa waktu lalu muncul juga yang mengatasnamakan Wakil Bupati,” kata Budi. (putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.7 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *