Hanya Terpusat di Alun-Alun, Car Free Day Diharapkan Dibenahi

Jalan Veteran sisi barat yang dijadikan lokasi “Car Free Day” (CFD) di Sukoharjo terlihat lengang, Minggu (21/1). Selama ini keramaian hanya terpusat di kawasan alun-alun saja.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pelaksanaan “Car Free Day” ayau CFD di Jalan Veteran sudah lima tahun berjalan. Pasalnya, CFD kali pertama diluncurkan tahun 2013 lalu. Dalam lima tahun perjalannya, tidak ada peningkatan signifikan terkait kegiatan yang digelar di sepanjang Jalan Veteran tersebut. Bahkan, aktivitas warga selama pelaksanaan CFD hanya terpusat di kawasan Alun-Alun Satya Negara.



“Yang ramai hanya di kawasan alun-alun saja. Jalan veteran di sebelah barat lengang. Harusnya ada penataan sehingga keramaian bisa menyebar seperti di Solo itu,” ungkap Martanto, 46, salah seorang pengunjung CFD, Minggu (21/1).

Menurutnya, selama ini ada kesan pelaksanaan CFD hanya dibiarkan apa adanya. Keberadaan pedagang juga tidak tertata dengan baik. Dia berharap ada pembenahan CFD Sukoharjo sehingga semakin menarik dan meningkatkan jumlah pengunjung. Jika hanya monoton saja, dikhawatirkan CFD Sukoharjo akan semakin sepi di kemudian hari.

Hal senada diungkapkan Ketua Paguyuban PKL Sukoharjo Joko Cahyono yang menilai dibutuhkan komitmen instansi yang berwenang untuk bersama-sama mengembangkan CFD. Sehingga, CFD Sukoharjo bisa menjadi sarana berinteraksi dan berkomunikasi masyarakat dengan nyaman. Termasuk penyebaran keramaian karena selama ini yang ramai hanya di alun-alun.

“Yang ramai saat CFD hanya di alun-alun. Jalan Veteran sebelah barat sepi sekali. Kalau memang dibiarkan seperti itu, jalan sisi barat tidak usah ditutup saja,” tandas Joko.

Joko menilai, kalau keramaian hanya terpusat di alun-alun, tidak ada gunanya Jalan Veteran sebelah barat ditutup untuk CFD. Pasalnya, mulai alun-alun ke barat tidak ada sama sekali kegiatan sehingga jalan tidak perlu ditutup. Untuk itu, dia berharap instansi terkait melakukan evaluasi akan keberadaan CFD.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indriyanto ketika dikonfirmasi membenarkan jika CFD hanya terpusat di alun-alun. Untuk itu, ujar Djoko, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk membuat event di sepanjang Jalan Veteran. Dengan harapan, semua kawasan di sepanjang jalan tersebut bisa seramai di kawasan alun-alun.

“Memang tidak mudah karena biasanya pedagang itu mencari tempat keramaian. Kalau tidak ramai, pedagang enggan berdagang,” ujarnya.

Meski begitu, dia mengakui jika CFD butuh dibenahi dan ditata agar rapi dan nyaman. Salah satu yang jadi prioritas adalah membuat sepanjang Jalan Veteran bisa ramai. Untuk itu, Dishub akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar hal itu bisa terealisasi. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.