Ragam  

Hadapi Ramadan dan Lebaran, Diskopumdag Sukoharjo Ajukan Tambahan Kuota LPG 3 Kilogram

Kuota LPG 3 Kilogram Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan gas LPG 3 kilogram (kg) selama Ramadan dan Lebaran, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopumdag) Sukoharjo mengajukan penambahan kuota kepada Pertamina. Pengajuan penambahan kuota dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat.


“Memang kami mengajukan penambahan kuota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Yang lelas kebutuhan akan gas LPG 3 kg aman,” jelas Kepala Diskopumdag Sukoharjo, Iwan Setiyono, Sabtu (30/3/2024).

Berdasarkan data Diskopumdag, diketahui kuota LPG 3 kg di Sukoharjo tahun 2024 sebanyak 35.915 MT. Kuota tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari normal. Sedangkan khusus menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran, sudah dilakukan antisipasi dengan meminta tambahan kuota secara fakultatif kepada PT Pertamina.

Nantinya, tambahan kuota akan didistribusikan langsung melalui SPBE ke agen, pangkalan dan pengecer. Selanjutnya LPG 3 kilogram dijual bebas dipasaran dan bisa digunakan masyarakat.


“Saat ini belum ada kelangkaan dan kebutuhan masyarakat masih terpenuhi. Soal pengajuan tambahan kuota tinggal menunggu jawaban saja,” ujar Iwan.

Iwan mengatakan, kebutuhan LPG 3 kg di masyarakat pada puasa Ramadan maupun hingga Lebaran mendatang sangat tinggi. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat menggunakan gas bersubsidi tersebut untuk memasak.

“Wajar ada peningkatan kebutuhan LPG 3 kg karena misal biasanya satu tabung cukup untuk beberapa hari. Maka sekarang sehari saja habis untuk memasak baik itu rumah tangga, pelaku usaha atau takmir masjid yang mengadakan kegiatan buka bersama atau menyajikan makan dan minum selama kegiatan Ramadan,” tambah Iwan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *