Great Wall Motors Mengumumkan Terobosan dalam Baterai Solid-state dan Teknologi Pengisian Daya Ultra Cepat

Great Wall Motors (GWM). (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Great Wall Motors (GWM) mengumumkan terobosan signifikan dalam pengembangan baterai solid-state dan teknologi pengisian daya ultra cepat. Raksasa otomotif China tersebut mengatakan telah berhasil memproduksi sel kantong solid-state, yang merupakan pengembangan terakhir dari baterai solid-state. Kini mereka akan fokus pada peningkatan model tersebut sebagai produk komersial untuk manufaktur skala besar.


Dikutip dari Gizmochina, Jumat (24/5/2024), baterai solid-state, tidak seperti baterai lithium-ion saat ini, menggunakan bahan padat sebagai pengganti elektrolit cair dalam baterai lithium-ion. Artinya, baterai solid-state memiliki kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dan pengisian daya lebih cepat dibandingkan baterai litium.

Panas berlebih merupakan masalah keselamatan yang serius bagi kendaraan listrik dan baterai solid-state menawarkan stabilitas yang lebih baik dalam hal ini. Baterai ini tidak terlalu rentan terhadap panas berlebih dan kemungkinan kebakaran yang sering terjadi pada baterai lithium-ion.

Baterai ini diharapkan memiliki keandalan yang lebih baik dalam rentang suhu yang lebih luas termasuk dalam kondisi cuaca dingin. GMW mengatakan pihaknya sedang menjajaki beragam bahan kimia baterai selain upaya solid-state.


GMW juga membuat terobosan signifikan dalam meningkatkan kecepatan pengisian daya melalui pengembangan teknologi pengisian daya ultra cepat. Sel baterai supercharging GMW 4C diperkirakan dapat menjangkau hingga 311 mil (500 km) hanya dengan pengisian daya selama 10 menit. Hal ini memiliki implikasi positif yang besar pada perjalanan kendaraan listrik jarak jauh, karena menghilangkan penalti waktu.

GMW juga mengembangkan sel 6C yang akan semakin mempersingkat waktu pengisian daya. Produk baterai solid-state dan pengisian daya ultra cepat GMW diperkirakan akan segera dirilis. Teknologi ini kemungkinan akan debut pada SUV Tank 800 pada akhir tahun 2024. Sedan GMW Lightning Cat juga akan disegarkan akhir tahun ini dan dapat menggunakan teknologi baterai GMW terbaru. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *