Grab, Emtek, dan Bukalapak Bergabung Mengawal Solo Menjadi Smart City

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengunjungi merchant GrabFood yang tergabung di dalam GrabKitchen Pasar Gede, Kamis (23/12/2021).

Sukoharjonews.com (Solo) – Tiga raksasa digital Indonesia, Grab, Emtek, dan Bukalapak melanjutkan program akselerator Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan) di Solo. Program tersebut menargetkan lebih dari 1.500 pelaku UMKM untuk onboarding. Para pelaku UMKM yang bergabung diharapkan dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia, serta membuka peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital.




“Saya mengapresiasi kerjasama Grab, Emtek, dan Bukalapak ini dalam menghadirkan program Kota Masa Depan. Program ini dapat membantu UMKM untuk naik kelas melalui fasilitas digitalisasi,” ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (23/12/2021).

Gibran melanjutkan, momen yang luar biasa untuk kebangkitan para pelaku UMKM di Kota Solo, dan diharapkan bisa bangkit dan kembali bersemangat. “Terima kasih sekali untuk bantuan dan dukungannya dari Grab, Emtek, dan Bukalapak,” tegasnya.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan bahwa Grab bersama Emtek dan Bukalapak siap bekerja sama dengan Pemkot Solo untuk mengawal Solo menjadi Smart City melalui program #KotaMasaDepan. Program tersebut memberikan pendampingan dan pelatihan agar UMKM menjadi lebih kompetitif serta menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Semoga upaya kami membantu UMKM khususnya yang berada di kota-kota kecil ini dapat membantu pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024 serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi bangsa,” katanya.

Menurutnya, Kota Masa Depan merupakan sebuah program akselerator ekstensif yang menargetkan 10.000 UMKM yang diselenggarakan secara bertahap hingga kuartal kedua 2022 di Kupang, Solo, Gowa, Malang, dan Pekanbaru dengan berfokus pada tiga prioritas. Masing-masing vaksinasi, adopsi platform digital (onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak) dan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.


Dalam tiga pilar program yang ada, Grab, Emtek, dan Bukalapak akan menggabungkan keahlian mereka untuk melatih dan mendampingi UMKM dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM akan siap bergabung dalam ekonomi digital. Cakupan program #KotaMasaDepan Solo terdiri dari lebih dari 1.500 pelaku UMKM di Solo ditargetkan onboarding program ke platform Grab dan Bukalapak, promosi dan potongan harga di ekosistem Grab dan Bukalapak, 54 UMKM yang terpilih akan mengikuti program akselerator dalam mengelola bisnis yang dimentori oleh Bukalapak dan Grab, serta tiga UMKM terbaik akan mendapatkan publikasi melalui jaringan media Emtek.

Sedangkan Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi, Sutanto Hartono mengatakan bahwa Emtek berkomitmen dalam mendukung pengembangan sektor UMKM di Indonesia. Berkolaborasi dengan Grab dan Bukalapak, program tersebut diharapkan dapat memberikan peluang dan daya saing bagi UMKM lokal di era digitalisasi yang berkembang begitu cepat.

“Dengan tekad yang sama untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi, kami yakin kita bisa membangkitkan roda perekonomian lokal yang nantinya akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menyampaikan jika lebih dari satu dekade Bukalapak hadir di Indonesia. Bukalapak berkomitmen untuk terus mendukung UMKM naik kelas dengan menciptakan akses terhadap ekonomi yang adil melalui ekosistem digital, baik di online maupun offline.

“Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak melalui program #KotaMasaDepan merupakan sebuah contoh nyata dari bergabungnya ekosistem untuk meningkatkan UMKM di Indonesia. Kami harap program ini dapat menjadi langkah yang baik dalam mengakselerasi digitalisasi UMKM di Kota Solo, dan juga kota-kota lainnya di Indonesia,” katanya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.