Google Meluncurkan Gemini AI Nano, Pro, dan Ultra, Memberdayakan Bard dengan Gemini Pro untuk Menantang ChatGPT

Google Gemini. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Google terus menambahkan fitur baru ke chatbot AI-nya, Google Bard. Namun, ini belum menjadi pesaing berat bagi ChatGPT dan chatbot AI lainnya yang dilengkapi dengan GPT-3 dan GPT-4. Google kini telah mengungkapkan bahwa Gemini Pro, model AI terbaru dari Google, kini mendukung Bard.


Dilansir dari Gizmochina, Sabtu (9/12/2023), menurut Google, Gemini adalah model AI paling mumpuni yang pernah dibuat perusahaannya. Dibuat untuk berjalan pada sistem seperti pusat data hingga perangkat seluler, model ini dapat memproses dan mengintegrasikan teks, kode, audio, gambar, dan video dengan lancar, menjadikannya model AI yang serbaguna.

Google Gemini 1.0 dapat memahami informasi kompleks dan menjawab pertanyaan terkait karena kemampuan multimodalnya, dan hadir dalam tiga ukuran berbeda: Gemini Ultra untuk tugas-tugas berat, Gemini Pro untuk penggunaan serbaguna, dan Gemini Nano untuk pengoperasian pada perangkat yang efisien.


Google Bard kini telah menerima peningkatan terbesarnya karena kini diperbarui dengan Gemini Pro, yang berarti dapat melakukan penalaran, perencanaan, pemahaman lebih lanjut, dan sebagainya. Ini akan tersedia dalam bahasa Inggris di lebih dari 170 negara dan wilayah. Pixel 8 Pro akan segera menerima pembaruan untuk menjalankan Gemini Nano, yang akan menghadirkan fitur-fitur seperti Summarize di aplikasi Recorder, Smart Reply di Gboard, dan WhatsApp.

Berbicara tentang Gemini Ultra, ia dapat melakukan berbagai tugas, termasuk pemahaman gambar alami, audio, dan video, penalaran matematis, dan pemecahan masalah multimodal. Menurut Google, mereka telah melampaui pakar manusia dalam MMLU, sebuah tolok ukur yang menilai pengetahuan dan kemampuan pemecahan masalah, dan mencapai skor luar biasa pada MMMU, sebuah tolok ukur penalaran multimodal.

Selain itu, Ultra telah mengungguli model sebelumnya dalam tolok ukur gambar tanpa memerlukan pengenalan karakter objek, sehingga menampilkan multimodalitas aslinya dan kemampuan penalaran yang kompleks.


Google berencana menjadikan Gemini Ultra tersedia bagi sekelompok pengguna terpilih untuk pengujian awal dan masukan sebelum diluncurkan lebih luas kepada pengembang dan pelanggan perusahaan pada awal tahun 2024. Selain itu, Bard Advanced, pengalaman AI baru yang didukung oleh Gemini Ultra, akan diluncurkan pada awal tahun 2024 untuk memberi pengguna akses ke kemampuan mutakhir.

Selain itu, Google telah memperkenalkan Cloud TPU v5p, sistem TPU paling canggih hingga saat ini, yang memungkinkan pelatihan model AI generatif skala besar lebih cepat dan mempercepat pengembangan produk dan kemampuan baru.

Untuk melindungi dari konten berbahaya, Gemini menggunakan pengklasifikasi keamanan khusus untuk mengidentifikasi, memberi label, dan menyaring konten berbahaya, seperti kekerasan dan stereotip negatif. Pendekatan berlapis ini memastikan keamanan dan inklusivitas Gemini bagi semua pengguna. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *