Ragam  

Geger Tembok Benteng Situs Keraton Kartasura Dibongkar

Benteng/tembok situs Keraton Kartasura dibongkar, Jumat (22/4/2022).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Benteng situs Keraton Kartasura tiba-tiba dibongkar menggunakan alat berat “beghoe”, Jumat (22/4/2022). Benteng atau pagar situs keraton yang dibongkar ada disisi timur dengan panjang sekitar lima hingga enam meter. Bekas bongkaran berupa batu-bata tersebut kemudian diratakan.


Dari informasi yang dihimpun, masyarakat sekitar dikagetkan ketika tembok keraton tersebut dibongkar menggunakan beghoe. Warga sekitar pun berdatangan ke lokasi, termasuk dari Kelurahan dan Kecamatan Kartasura. Beredar informasi jika pemilik lahan tersebut sudah menjual lahan disamping tembok keraton dan pembelinya hendak melakukan pembangunan.

“Yang jadi masalah itu pembongkaran tembok keratonnya. Ini langsung distop dan diberi police line,” ujar Camat Kartasura, Joko Miranto yang mendatango lokasi.

Baca Juga: Bangunan Benteng Situs Keraton Kartasura yang Dibongkar Berstatus BCB

Menurutnya, tembok/pagar situs Keraton Kartasura tersebut dalam proses pendaftaran sebagai Benda Cagar Budaya (BCB). Hal itu berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Sukoharjo. Selama ini, lanjutnya pemeliharaan dan penanganan juga sudah sebagai BCB.

“Memang belum resmi jadi cagar budayam tapi selama ini pemeliharaan dan penanganan sudah sebagai BCB,” tambag Joko.

Joko mengatakan, dari informasi yang dia terima, pemilik lahan disamping tembok menjual lahannya dan pembelinya hendak memanfaatkan lahannya. Namun, belum jelas lahan tersebut akan digunakan untuk apa.

Joko juga mengatakan, dinas akan membuat laporan ke polisi dan juga Disdikbud akan membuat laporan ke kepolisian dan juga Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *