Ragam  

Fakta Tahun Kabisat yang Tak Terduga

Fakta tahun kabisat. (Foto:katadata)

Sukoharjonews.com -Setiap empat tahun sekali, bulan Februari mendapat satu hari ekstra. Kami melakukan ini agar kalender kami tidak rusak, namun tanggal 29 Februari juga memunculkan beberapa tradisi menarik.


Dilansir dari Thought, Kamis (29/2/2024),Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan tentang hari bonus yang sering datang.

1. Ini Semua Tentang Matahari
Bumi membutuhkan waktu sekitar 365,242189 hari — atau 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 45 detik — untuk sekali mengelilingi matahari, menurut Time and Date . Namun, kalender Masehi yang kita andalkan hanya memiliki 365 hari, jadi jika kita tidak menambahkan satu hari ekstra ke bulan terpendek setiap empat tahun, kita akan kehilangan hampir enam jam setiap tahun. Setelah satu abad, kalender kita akan meleset sekitar 24 hari.

James O’Donoghue, seorang ilmuwan planet di badan antariksa Jepang JAXA yang sebelumnya bekerja sebagai Rekan NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, menempatkan hal tersebut dalam perspektif melalui animasi mencerahkannya di atas.

2. Kaisar dan Paus
Julius Caesar memperkenalkan tahun kabisat pertama sekitar tahun 46 SM, namun kalender Juliannya hanya memiliki satu aturan: Setiap tahun yang habis dibagi empat akan menjadi tahun kabisat. Hal ini menciptakan terlalu banyak tahun kabisat, namun penghitungannya tidak diubah sampai Paus Gregorius XIII memperkenalkan kalender Gregoriannya lebih dari 1.500 tahun kemudian.


3. Secara teknis, Tidak Setiap Empat Tahun
Konsep Caesar tidak buruk, tapi matematikanya sedikit salah; hari tambahan setiap empat tahun merupakan koreksi yang terlalu besar. Akibatnya, ada tahun kabisat setiap tahun yang habis dibagi empat, namun untuk memenuhi syarat, tahun abad (tahun yang berakhiran 00) juga harus habis dibagi 400. Jadi, tahun 2000 adalah tahun kabisat, namun tahun 1700 , 1800 dan 1900 tidak.

4. Mengajukan Pertanyaan
Menurut tradisi, wanita boleh melamar pria pada tanggal 29 Februari. Kebiasaan tersebut dikaitkan dengan berbagai tokoh sejarah termasuk St. Bridget, yang konon pernah mengeluh kepada St. Patrick bahwa wanita harus menunggu terlalu lama. agar pelamar mereka mengajukan pertanyaan. Patrick yang bersedia membantu seharusnya memberi wanita satu hari untuk melamar, kata BBC .

5. Ini adalah Hari yang Tidak Ada Secara Hukum
Kisah lain mengklaim bahwa Ratu Margaret dari Skotlandia (yang saat itu baru berusia 5 tahun, jadi anggap saja sepele) memberlakukan undang-undang yang menetapkan denda bagi pria yang menolak lamaran pernikahan dari wanita selama tahun kabisat. Diperkirakan bahwa dasar dari tradisi ini kemungkinan besar berasal dari masa ketika tanggal 29 Februari tidak diakui oleh hukum Inggris; jika hari tersebut tidak memiliki status hukum, tidak masalah jika melanggar konvensi dan seorang perempuan dapat melamar.


6. Tapi Mungkin Ada Denda karena Tidak Menerima
Ada tradisi-tradisi lain yang memberi harga pada perkataan “tidak”. Jika seseorang tidak menerima lamaran tahun kabisat, maka dia akan rugi. Di Denmark, seorang pria yang menolak lamaran seorang wanita pada tanggal 29 Februari harus memberinya selusin sarung tangan, menurut The Mirror . Di Finlandia, seorang pria yang tidak tertarik harus memberikan kain yang cukup kepada pelamarnya untuk membuat rok.

7. Buruk bagi Bisnis Pernikahan
Tidak mengherankan, tahun kabisat juga bisa berdampak buruk bagi bisnis pernikahan. Satu dari lima pasangan yang bertunangan di Yunani menghindari pernikahan pada tahun kabisat, lapor The Telegraph . Mengapa? Karena mereka percaya itu adalah nasib buruk.

8. Ada Ibukota Tahun Kabisat
Kota kembar Anthony, Texas, dan Anthony, New Mexico, memproklamirkan diri sebagai Ibu Kota Dunia Tahun Kabisat . Mereka mengadakan festival tahun kabisat selama empat hari yang mencakup pesta ulang tahun besar-besaran untuk semua bayi tahun kabisat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *