Erick Thohir Optimistis Ekonomi Jateng Tumbuh Pesat Berkat Tol Trans Jawa

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres, Joko Widodo- Ma’ruf Amin, Erick Thohir. (Foto: Dok/istimewa)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Industri manufaktur yang menjadi motor penggerak ekonomi di Jawa Tengah dipastikan bergerak lebih cepat. Tol Trans Jawa yang menyisir pantai utara pulau ini akan mempercepat distribusi barang dan jasa sehingga menambah daya dorong ekonomi daerah-daerah lain di Jawa Tengah, seperti Sragen dan Sukoharjo. Bahkan, industri wisata di pelosok juga bisa ikut menggeliat karena kemudahan akses berkat pembangunan jalan yang didanai Dana Desa.



Hal itu dinyatakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres, Joko Widodo- Ma’ruf Amin, Erick Thohir saat mengunjungi Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4). Pengusaha nasional ini menyaksikan sendiri potensi ragam industri dan akses transportasi di kedua kota tersebut.

“Akses Tol Trans Jawa pasti bisa menggerakan industri tempat-tempat wisata di Sragen. Industri manufaktur yang menjadi andalan Sukoharjo juga akan semakin cepat bergerak. Jika di tahun 2018, pertumbuhan ekonomi di Jateng 5,32%, atau naik dari, 5,26% di tahun 2017, maka saya optimistis di tahun 2019, dengan adanya jalan tol, ekonomi akan tumbuh lebih pesat lagi,” lanjut peraih award “Businessman of The Year 2018” versi Majalah Forbes Indonesia itu.

Saat ini, ujarnya, Sukoharjo memiliki tiga industri yang menjadi tulang punggung perekonomian wilayah tersebut. Industri pengolahan dengan kontribusi mencapai 38,82% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sukoharjo. Industri reparasi mobil dan sepeda motor berkontribusi, 17,68%, dan industri pertanian, kehutanan serta perikanan yang menyumbang, 9,95%.

“Jika lihat sejarahnya, industri pengolahan di Sukoharjo sudah ada sejak 1980-an. Seingat saya, di sini pernah menjadi kawasan industri tekstil berdaya saing tinggi. Itu bisa dihidupkan kembali karena jalur transportasi akan mempermudah semuanya dan menjadikan Jawa Tengah sebagai bagian penting dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional menuju Indonesia yang lebih maju,” tambah Erick. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *