Emas Pertama Indonesia Cabor Panahan SEA Games 2021 Datang dari Tim Recurve Beregu Putra

Pemanah putra Indonesia dari disiplin recurve Alviyanto Bagas Prastyadi, Arif Dwi Pangestu, Riau Ega Agatha Salsabilla turun di nomor beregu putra meraih medali emas saat bertanding di Ha Noi National Sports Training Center, Rabu (18/05/2022). (Foto: NOC Indonesia)

Sukoharjonews.com – Medali emas di SEA Games 2021 Vietnam cabang olahraga (cabor) panahan Kontingen Indonesia atang dari Tim Recurve Putra. Tim Indonesia berhasil menang 6-2 tim atas tuan rumah di Ha Noi National Sports Training Center, Rabu (18/5/2022).


Tim pemanah Indonesia yang terdiri dari Alviyanto Bagas Prastyadi, Arif Dwi Pangestu, Riau Ega Agatha Salsabilla tampil dominan menghadapi tuan rumah yang diwakili Duc Anh Chu, Van Linh Nong, dan Duy Nguyen pada partai final.

Meski menang meyakinkan, Indonesia sempat mendapat perlawanan sengit dari Vietnam. Terbukti tuan rumah yang mendapat dukungan suporter sempat unggul 2-0 lebih dulu. Namun ketenangan menjadi kunci sukses Riau Ega dkk. Secara perlahan, Tim Recurve Beregu Putra bangkit hingga mampu membalikkan kedudukan.

“Semula kami masih beradaptasi dengan stage-nya biar bisa merasakan feel-nya. Makanya waktu anak panah pertama, kami sempat turun,” kata Riau Ega dikutip dari laman Kemenpora.

Menurutnya, yang berlaga di SEA Games rata-rata memiliki level tinggi sehingga Tim Indonesia tetap melakukan yang terbaik dan dapat hasil maksimal. Arif mengaku proses adaptasi timnya terhadap angin dan situasi pertandingan relatif cepat. Hal ini membantu berhasil mengeluarkan performa maksimal.

“Pada sesi latihan kemarin, angin lumayan kencang dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Namun berbeda saat kami naik stage, justru tak ada angin,” kata Arif.

Kondisi serupa, dikatakan Arif, sama seperti kejadian di 2019. Kala itu, situasi dan kondisi angin di venue pertandingan sama seperti di Vietnam saat ini.

“Jadi dari pengalaman kemarin, di seri (gim) pertama tadi digunakan untuk pengenalan anak panah. Setelah itu seri kedua sudah mantap dan langsung di gas terus,” tambahnya.

Ini merupakan medali emas pertama dari cabang panahan pada SEA Games Vietnam. Panahan masih berpotensi menambah perolehan medali karena ada wakil Indonesia yang juga turun di beberapa nomor pada final hari ini.(nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.