Dua Desa Krisis Air, Polres Sukoharjo Kirim Enam Tangki Air Bersih

Warga mengantre mendapatkan air bersih dari Polres Sukoharjo, Kamis (14/9). Polres Sukoharjo mengirim enam tanki air bersih ke Dukuh Candi, Desa Ngreco dan Dukuh Plumbon, Desa Alas Ombo Kecamatan Weru.

Sukoharjonews.com – Polres Sukoharjo mengirim enam unit mobil tanki air bersih untuk dua wilayah langganan bencana kekeringan di Kecamatan Weru, Kamis (14/9). Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta SIK yang memimpin pelaksanaan droping air, mengatakan enam unit mobil tangki air itu dikirim ke Dukuh Candi, Desa Ngreco dan Dukuh Plumbon, Desa Alas Ombo.
Menurutnya, berdasarkan informasi dari masyarakat, dua wilayah itu selalu menglami krisis air bersih setiap setiap musim kemarau. Mendapat informasi itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kapolsek Weru dan diputskan untuk melakukan droping air bersih. “Ada 6 mobil tangki air yang kami kirim. Masing-masing wilayah mendapatkan jatah 3 mobil tangki,” kata AKP Finan mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi SIK.
Ketua RT 3 Dusun Candi, Desa Ngreco, Tukino menginformasikan, meski sudah ada Sumur Pamsimas (Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat), wilayahnya masih kekurangan air bersih setiap musim kemarau. Menurutnya, di musim kemarau datang air dari Pamsimas tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.
“Tangki Pamsimas bisa menampung 12.000 Liter. Tapi tidak sampai satu jam sudah habis, padahal untuk mengisi tangki sampai penuh membutuhkan waktu yang cukup lama,” katanya.
Tukino menambahkan air dari pamsimas tersebut selama ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih 80 KK. “Untuk memenuhi kekurangan air bersih, warga harus mengambil air menggunakan jerigen ke kampung sebelah di bawah Kampung Candi,” imbuhnya. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed