Ragam  

Dua Calhaj Asal Kartasura Batal Berangkat, Sementara Belum Ada Pengganti

Calhaj asal Sukoharjo saat acara pamitan di Pendopo GSP beberapa tahun lalu. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dua orang calon jamaah haji (calhaj) asal Kecamatan Kartasura batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Kedua calhaj tersebut batal berangkat karena satu meninggal dan satu calhaj lainnya. Hingga saat ini, kedua calhaj tersebut belum ada penggantinya dari ahli waris masing-masing. Dengan batalnya dua calhaj tersebut, jumlah calhaj asal Sukoharjo menjadi 740 orang dari sebelumnya 742 orang.



Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Muhammad Nur Hanafi mengatakan, saat ini dua kursi calhaj tersebut masih kosong karena belum ada anggota keluarga yang menggantikan. Sesuai aturan, calhaj yang batal berangkat bisa digantikan oleh ahli waris masing-masing. Jika dari ahli waris tidak ada yang menggantikan, barulah dicari pengganti dari urutan selanjutnya.

“Hingga saat ini masih kosong karena belum ada yang menggantikan. Keduanya asal Kartasura,” ujarnya, Rabu (19/6).

Hanafi juga mengatakan, saat ini Kemenag tengah melakukan tahapan persiapan keberangkatan calhaj asal Sukoharjo. Tahapan yang dilakukan adalah melakukan manasik haji tingkat kabupaten. Manasik haji tingkat kabupaten tersebut akan digelar dua hari. Kemenag juga memberikan pembekalan mengenai materi penyelenggaraan haji, pembentukan regu. Selain itu, juga tentang bimbingan kesehatan selama haji dan umroh, proses perjalanan ibadah haji.

Terkait 740 calhaj asal Sukoharjo, Hanafi mengaku usia rata-rata calhaj berkisar 50 tahun. Untuk itu, Kemenag memberikan penekanan pada calhaj untuk menjaga kondisi kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *