Ragam  

DPUPR Bangun Sarana Air Minum di Desa Tawang, Untuk 65 Sambungan Rumah

Peresmian sarana air minum di Dukuh Titang, Desa Tawang, Kecamatan Weru oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa (21/12/2021).

Sukoharjonews.com (Weru) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo membangun sumur dalam untuk memfasilitasi kebutuhan air minum bagi warga Dukuh Titang, Desa Tawang, Kecamatan Weru. Sumur tersebut dibangun dengan alokasi anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp325 juta. Pembangunan sumur dalam termasuk tandon air diresmikan Bupati, Etik Suryani, Selasa (21/12/2021).




“Anggaran dari DAK pemerintah pusat untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan ditempatkan di Desa Tawang ini,” ujar Kepala DPUPR Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo.

Dikatakan Bowo, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp325 juta untuk membangun sumur, tandor air, serta jaringan untuk 65 sambungan rumah (SR). Menurutnya, panjang pipa untuk memenuhi 65 SR tersebut mencapai 1.116 meter.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Air memiliki peranan penting dalam hidup karena makhluk hidup tergantung pada air. Untuk itu, air harus dipelihara dan dikelola sebagaimana mestinya.

“Dalam kehidupan sehari-hari, kita memerlukan air untuk minun, masak, mencuci, dan lainnya. Air minum merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan tubuh bagi proses kehidupan sehingga makhluk hidup tidak akan bertahan tanpa adanya air,” terang Etik.

Etik juga mengatakan, akhir-akhir ini banyak persoalan yang timbul akibat dari perilaku-perilaku manusia yang melakukan banyak pelanggaran terhadap cara pengelolaan air minum dan sekitarnya. Berbagai masalah melatarbelakangi buruknya sanitasi dan pengamanan air minum. Antara lain, pencemaran air, sumber mata air mengering, dan juga air bersih menjadi komoditas yang mahal.

“Sanitasi dan pengamanan air minum saat ini perlu mendapat perhatian khusus mengingat semakin banyaknya tindakan-tindakan yang tidak benar terhadap keamanan dan kebersihan air minum di lingkungan kita,” kata Etik.

Etik berharap pembangunan sumur dalam sarana air minum di Desa Tawang tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat. Bupati berpesan agar sumur dan tandon air tersebut dirawat dengan baik sehingga terus bermanfaat. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.