Dispendukcapil Pangkas Antrean Pencetakan e-KTP

Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo jemput bola dengan datang ke sekolah-sekolah melakukan perekaman data.

Sukoharjonews.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo berusaha mempercepat pencetakan e-KTP. Hal itu dilakukan untuk memangkas jumlah antrean pencetakan yang masih puluhan ribu orang. Meski begitu, Dispendukcapil juga tergantung dari stok blangko yang dikirim dari pusat.

“Kami berusaha memangkas jumlah antrean dengan mempercepat pencetakan. Tapi, sekali lagi semua itu juga tergantung ketersediaan stok blangko dan juga konsisi server,” jelas Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Selasa (21/11).



Dikatakan Anita, salah satu upaya untuk mempercepat pencetakan e-KTP dengan jemput bola meminta tambahan blangko kepada pemerintah. Usaha lainnya yakni dengan jemput bola melakukan perekaman data kesejumlah sasaran salah satunya ke sekolah. Percepatan pencetakan e-KTP dilakukan agar antrean tidak semakin banyak. Harapannya, begitu dibutuhkan pemohon atau warga, mereka bisa langsung mendapat e-KTP.

Menurutnya, di Sukoharjo sendiri sekitar empat bulan terakhir Dispendukcapil sudah melakukan pencetakan lebih dari 15 ribu e-KTP. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah menunggu kiriman blangko cetak dari pemerintah pusat. “Untuk warga yang sudah melakukan perekaman data maka tinggal menunggu. Kami juga jemput bola ke sekolah agar siswa bisa rekam data jadi saat mereka genap berusia 17 tahun bisa mengajukan pencetakan,” lanjutnya.

Anita juga mengatakan, sampai akhir tahun 2017 nanti Dispendukcapil Sukoharjo memperkirakan bisa memangkas jumlah antrean pencetakan e-KTP sekitar 30 ribu sampai 40 ribu. “Pencetakan terus kita kebut apalagi sekarang sudah ada permintaan berkaitan dengan persiapan pelaksanan pemilu dimana warga pemilih masih memegang KTP lama dan belum e-KTP,” tambahnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.