Dikenal dengan Rasa yang Pahit, ini Manfaat Jamu Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya.(Foto:Pixabay)

Sukoharjonews.com – Pepaya merupakan tanaman yang familiar bagi masyarakat Vietnam. Buah pepaya memang sangat enak dan bergizi namun belum banyak orang yang mengetahui kegunaan jus daun pepaya. Lalu apa saja manfaat minum jus daun pepaya bagi kesehatan?


Dilansir dari Vinmec, Jum’at (26/4/2024), jamu daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

Pepaya yang memiliki nama ilmiah Carica papaya termasuk dalam tumbuhan herba, termasuk dalam keluarga Pepaya. Asal usul pepaya adalah Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah bagian timur, dan Amerika Selatan bagian utara. Saat ini pepaya sedang populer di daerah beriklim tropis seperti Brasil, India, Afrika Selatan, Sri Lanka, Filipina, dan Vietnam.

Ciri-ciri jenis pohon ini mempunyai tinggi 3 – 10m, jarang cabang (kalau ada cabang biasanya di bagian atas), daun cukup besar, berbentuk baling-baling, daun tumbuh berselang-seling, berselang-seling dan tidak. ditemani dedaunan. Di negara kita, jika diberi cukup air dan unsur hara, pohon pepaya dapat tumbuh sekitar 55 – 60 helai daun per tahun. Umur simpan daun pepaya sekitar 3-4 bulan. Selain buahnya, jus daun pepaya juga dianggap sebagai obat untuk mengobati banyak penyakit.


Perawatan kesehatan kulit
Jus daun pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk kulit. Secara khusus, vitamin C memiliki peran yang sama sebagai antioksidan, membantu tubuh melawan radikal bebas dan melawan kerusakan kulit.

Selain itu, jus daun pepaya juga memiliki kemampuan untuk mencegah dan menghilangkan gejala kulit lainnya seperti jerawat, flek hitam, dan kerutan. Dari situlah, meminum jus daun pepaya dapat membantu memberikan kulit cerah, sehat, awet muda dan cerah.

Mengontrol gula darah
Para ahli nutrisi menyebutkan bahwa jus daun pepaya mengandung bahan alami yang mampu merangsang kerja hormon insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, meminum jus daun pepaya membantu tubuh mengontrol dan mengatur gula darah lebih erat, sehingga mengurangi risiko diabetes, obesitas, hipertensi, kerusakan ginjal, dan penyakit kardiovaskular.


Peningkatan jumlah trombosit
Jumlah trombosit yang lebih rendah dari normal dapat menyebabkan pendarahan pada kulit dan selaput lendir. Pada tingkat yang serius adalah keadaan pendarahan dalam, pendarahan otak, pendarahan saluran cerna. Oleh karena itu, suplementasi dengan makanan yang meningkatkan kuantitas dan kualitas trombosit sangat diperlukan.

Dan salah satu efek luar biasa dari jus daun pepaya adalah merangsang peningkatan jumlah trombosit. Hasil banyak penelitian di seluruh dunia membuktikan bahwa daun pepaya mengandung komponen yang membantu menambah jumlah trombosit bagi tubuh secara signifikan.

Mengatur siklus menstruasi
Wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur seringkali disebabkan oleh gangguan hormonal dalam tubuhnya. Kondisi ini menimbulkan berbagai masalah seperti hot flashes, jerawat dan terkadang akibat kesehatan yang serius seperti penyakit ovarium polikistik, fibroid rahim, endometriosis. , kanker ovarium.

Minum jus daun pepaya bisa menjadi solusi yang bagus untuk membantu mengatasi masalah menstruasi. Berkat khasiat yang melekat, daun pepaya memiliki efek menyeimbangkan hormon, mengatur siklus menstruasi, dan meminimalkan risiko penyakit ginekologi yang serius.


Meringankan nyeri haid
Yang juga berhubungan dengan menstruasi adalah dismenore, sakit perut saat menstruasi dan ini memang menjadi obsesi banyak wanita karena rasa tidak nyaman akibat kram perut bagian bawah. Untuk mengatasi keadaan ini, wanita hanya perlu menggunakan sedikit jus daun pepaya yang dimasak dengan wijen dan garam untuk membantu dengan cepat mengusir sakit perut saat menstruasi.

Memperlambat proses penuaan
Jus daun pepaya merupakan sumber dari berbagai asam amino seperti asam glutamat, glisin, valin, leusin, triptofan, sistin, histidin, Asam amino inilah yang merupakan bahan utama yang terdapat dalam kosmetik. produk pengencang kulit dan anti penuaan.

Oleh karena itu, meminum jus daun pepaya secara rutin dianggap sebagai salah satu upaya untuk memperlambat proses penuaan pada kulit. Keunggulan jus daun pepaya adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan kosmetik dan biasanya tidak menimbulkan efek samping pada kulit.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *