Dengan BBGRM Diharapkan Kepedulian Masyarakat Lebih Ditingkatkan

Bupati Wardoyo Wijaya bersama Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani meninjau stan pameran usai membuka BBGRM ke-15 dan peringatan HKG PKK ke-46 di Lapangan Desa Pondok, Nguter, Senin (30/4).

Sukoharjonews.com (Nguter) – Pemkab Sukoharjo membuka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dan memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 di lapangan Desa Pondok, Nguter, Senin (30/4). BBGRM yang akan dilaksanaka satu bulan penuh di bulan Mei dibuka secara resmi oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Dalam kesempatan yang sama, diserahkan pula hadiah untuk para pemenang lomba yang digelar oleh TP PKK Sukoharjo.



Ketua TP PKK Sukoharjo yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Etik Suryani menyampaikan, maksud dalam kegiatan tersebut adalah untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan agar dapat lebih meningkatkan perannya dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat. “Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan,” ujarnya.

Menurut Etik, dengan kegiatan tersebut setidaknya ada tujuh sasaran yang ingin dicapai. Masing-masing menjaga dan melestarikan budaya bangsa, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya kemampuan dan kesadaran warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berdasarkan kebersamaan dan keanekaragaman menuju pada pengutana integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong.

Selain itu, juga meningkatnya kepedulian dan peran serta masyarakat dalam upaya membangun keluarga kecil bahagia sejahtera, meningkatnya ketahanan keluarga sebagai dasar dalam mempersiapkan SDM yang tangguh, meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan, serta meningkatnya rasa dan tanggung jawab para kader PKK dalam mendukung program pemerintah melalui jalur PKK.

Dalam kesempatan itu, sekaligus diserahkan hadiah untuk sejumlah lomba yang digelar oleh TP PKK Kabupaten Sukoharjo. Antara lain Lomba Tertib administrasi 10 program pokok PKK, Tertib administrasi kelompok-kelompok PKK, Lomba paparan ketua dan inovasi, Lomba partisipasi masyarakat dan penggalian swadaya, Lomba permainan simulasi, Lomba sosiodrama, Lomba pengelolaan UP2K-PKK, Lomba pemanfataan lahan melalui gerakan hatinya PKK, Lomba Posyandu integrasi, Lomba Posyandu Lansia, Lomba Pelaksana terbauk 10 program pokok PKK desa/kelurahan.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, BBGRM akan dilaksanakan selama satu bulan penuh di bulan Mei sebagai salah satu ciri khas bangsa Indonesia, Gotong Royong. Dalam kesempatan ini juga, ujar Bupati, sekaligus diperingati HKG PKK yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan pemahaman segenap TP PKK dalam rangka meningkatkan motivasi kader agar mau dan mampu melaksanakan program pokok PKK secara terus menerus, guna mendukung program-progam pemerintah.

“Keberhasilan pembangunan di Sukoharjo tidak bisa lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat dalam menumbuhkan kebersamaan dan kegotongroyongan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi kepedulian dan peran aktif dalam pembangunan yang dilandasi dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyogan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *