Ragam  

Datangi Warga di Kecamatan Gatak, Bupati Sukoharjo Serahkan Bantuan Rehab RTLH

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mendatangi rumah warga di Kecamatan Gatak untuk menyalurkan bantuan rehab RTLH, Jumat (14/4/2023).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali disalurkan. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di wilayah Kecamatan Gatak, Jumat (14/4/2023).


Kali ini, ada lima orang yang yang merupakan warga Desa Blimbing dan Desa Geneng, Kecamatan Gatak. Mereka adalah Mulyono, warga Bedodo RT 0206 Desa Blimbing mendapat bantuan Rp4 juta, Mulyatmo, warga Boto RT 001/010 Desa Blimbing mendapat bantuan jamban dan kamar mandi sebesar Rp5 juta, Sumini, warga Klenisan RT 02/04 Desa Geneng mendapat bantuan rehab RTLH Rp15 juta.

Kemudian Ngadinem, warga Krangan RT 02/03 Desa Geneng mendapat bantuan RTLH sebesar Rp10 juta dan Mulyono Hasto Saputro, warga Tegal Krecekan RT 02/01 Desa Geneng mendapat bantuan renovasi rumah Rp7 juta. Total bantuan yang disalurkan untuk lima warga sebesar Rp41 juta.

“Meski tengah berpuasa, penyaluran bantuan tidak boleh berhenti karena sangat dibutuhkan. Seperti bantuan rehab RTLH dari Baznas ini,” ujar Bupati.


Etik mengaku sudah memerintahkan pejabat terkait yang mengurusi bantuan dan pelayanan untuk mempercepat proses dan tidak boleh berbelit-belit. “Harus cepat karena ini untuk masyarakat, sebelumnya bantuan beras CPP juga sudah disalurkan,” kata Etik.

Terkait bantuan rehab RTLH tersebut, Etik mengaku sebelumnya ada surat permohonan bantuan dari bawha yang dia terima. Permohonan tersebut kemudian diteruskan ke Baznas untuk ditindaklanjuti karena bantuan bisa cepat dicairkan.

Etik juga mengatakan, dengan turun langsung mengantar bantuan sekaligus untuk mengetahui kondisi rumah warga yang mendapat bantuan sehingga bantuan benar-benar tepat sasaran.


Salah satu penerima bantuan, Sumini, mengaku sangat senang mendapat bantuan RTLH sebesar Rp15 juta. Menurutnya, bantuan sangat diharapkan untuk memperbaiki rumah karena kondisi kerusakan sangat parah.

“Sudah rusak, atap rapuh karena tiang penyangga tidak kuat, masih pakai bambu dan ada beberapa kerusakan lain pada bagian tembok,” ujarnya.

Sumini mengatakan, tidak mempunyai cukup uang untuk memperbaiki rumah tinggalnya. Karena itu mengajukan bantuan ke Bupati Sukoharjo. “Sangat senang sekali dan kaget bisa dapat bantuan yang diantar sendiri ibu Bupati,” lanjutnya.


Sedangkan Ketua Baznas Sukoharjo Sardiyono mengatakan, nilai bantuan rehab RTLH yang diberikan bervariasi disesuaikan dengan kondisi rumah. Setelah menerima dana, warga diharapkan segera menggunakan untuk meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni.

“Pengajuan surat permohonan bantuan kepada Baznas Sukoharjo sangat banyak dari masyarakat. Kami verifikasi terus dan setelah selesai bantuan segera disalurkan,” katanya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *