Dapat Menurunkan Berat Badan ini Manfaat Lengkap Kayu Manis

Manfaat kayu manis.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh memang sudah bukan hal baru lagi. Sebagai bumbu rempah yang kerap digunakan untuk menambah cita rasa makanan, kandungan cinnamon rupanya juga dapat memberi khasiat jika dikonsumsi secara tepat, salah satunya yaitu membantu meredakan nyeri haid pada wanita.


Dilansir dari Siloam Hospitas, Selasa (11/6/2024), sebelum membahas manfaat kayu manis lebih lanjut, penting untuk mengetahui kandungan gizi kayu manis terlebih dahulu. Kandungan-kandungan inilah yang dapat memberi kebaikan pada tubuh jika dikonsumsi sesuai anjuran. Secara umum, satu sendok teh kayu manis bubuk seberat 2,6 gram mengandung sejumlah nutrisi berikut ini.

– Energi: 6,42 kkal.
– Karbohidrat: 2,1 gram.
– Kalsium: 26,1 miligram.
– Kalium: 11,2 miligram.
– Fosfor: 1,66 miligram.
– Magnesium: 1,56 miligram.
– Zat besi: 0,21 miligram.
– Vitamin A: 0,39 mikrogram.

Selain itu, bumbu rempah ini juga mengandung berbagai macam zat fitonutrien, yaitu bahan kimia atau senyawa alami yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk memberikan warna, rasa, dan aroma ke dalam makanan. Adapun sejumlah zat fitonutrien yang terkandung di dalam tanaman kayu manis adalah:


Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan
Terdapat sejumlah manfaat kayu manis untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan, di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes, mencegah infeksi gigi dan mulut, hingga meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Senyawa yang terkandung di dalam kayu manis diketahui dapat membantu meningkatkan proses metabolisme sehingga bisa memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, tanaman rempah ini juga dipercaya dapat membantu mengendalikan nafsu makan serta mengoptimalkan proses pencernaan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh.

2. Meredakan Nyeri Haid
Manfaat rebusan kayu manis berikutnya, yaitu dapat meredakan nyeri haid. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung senyawa yang bersifat antispasmodik sehingga dapat memberikan efek relaksasi pada otot rahim yang berkontraksi selama periode menstruasi.


3. Menjaga Daya Tahan Tubuh 
Karena mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti polifenol dan proantosianidin, kayu manis dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, tanaman rempah ini juga diperkaya dengan senyawa yang bersifat antimikroba sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya infeksi yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes 
Kayu manis merupakan bumbu rempah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien prediabetes dan diabetes tipe 2. Sebab, rempah tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kayu manis dalam mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.

5. Mengurangi Risiko Infeksi Gigi dan Mulut
Manfaat kayu manis selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut secara menyeluruh. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal kesehatan internasional Molecules (2020), kayu manis mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, seperti linalool, eugenol, cinnamaldehyde, dan alfa-terpineol sehingga dapat membasmi mikroorganisme penyebab karies gigi dan kandidiasis oral. Selain itu, tanaman rempah ini juga dapat membantu melawan bakteri P. gingivalis yang dapat menyebabkan infeksi pada gusi (periodontitis).(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *