Dapat Mengurangi stres, ini Manfaat Melukis untuk Kesehatan Mental

Manfaat melukis.(Foto: gramedia)

Sukoharjonews.com – Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of The American Art Therapy Association dikatakan melakukan aktivitas kreatif selama 45 menit dapat mengurangi stres. Hal ini terkait dengan pengurangan kadar kortisol ketika seseorang berkegiatan seni.


Dilansir dari Halodoc, Minggu (9/6/2024), salah satu manfaat dari terapi seni adalah kemampuannya untuk menenangkan sistem saraf, ketika seseorang fokus membuat sesuatu. Pikiran akan bergeser dari kegalauan ke perenungan dalam membuat karya. Selengkapnya mengenai fakta seni termasuk melukis bisa untuk terapi stres ada di bawah.

Bentuk Mengekspresikan Diri
Menurut Doreen Meister, MA, MFT, seorang psikoterapis seni ekspresif dan mindfulness di Oakland, California, terapi seni apapun dapat memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri secara nonverbal yang membantu mendapatkan perspektif berbeda mengenai suatu masalah. Berikut ini manfaat yang bisa diberikan melukis sebagai terapi stres:

Mengekspresikan Diri
Ketika kamu melukis, itu akan membantu mengekspresikan diri, sehingga mengurangi kecemasan. Tubuh akan menjadi lebih rileks karena kecemasan berpindah dari pikiran ke kertas di mana kamu menuangkan emosimu.


Menenangkan Emosi
Melukis juga bisa menjadi latihan untuk menenangkan rasa takut dan kewaspadaan. Melukis dapat membuat kamu menyadari perasaan sendiri tanpa perlu menjadi resah karena emosi stres itu sendiri.

Bahkan, ketika kamu melihat kembali hasil lukisan tersebut di masa yang akan datang, ini akan membantu kamu memahami apa yang kamu rasakan di momen saat melukis dan menyelesaikan masalah yang lain ke depannya.

Membuat Kita Memahami Apa Pemicu Stres
Melukis bisa membuat kamu membedah perasaan dan emosi sendiri, sehingga belajar memahami apa yang membuat kamu stres. Penting untuk seseorang mengetahui apa yang memicu dirinya stres untuk mencegah hal yang sama terjadi kedepannya.

Bentuk Perawatan Diri
Melukis ataupun terapi seni lainnya adalah bentuk lain dari perawatan diri. Kadang-kadang, dengan semua tanggung jawab dalam kehidupan, kamu bisa lupa kalau kamu layak untuk rehat dan merawat diri. Mengambil waktu untuk mencurahkan segenap emosi melalui hobi seni dapat membuat kamu lebih menghargai diri. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *