Ragam  

Dandim Buka Diklatsus Wawasan Kebangsaan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara Di Kecamatan Weru

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan saat, membuka Diklatsus Wawasan Kebangsaan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara di lapangan Dukuh Karangwuni, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Sabtu (18/12/2021).

Sukoharjonews.com (Weru) – Komandan Kodim (Dandim) 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, membuka Pendidikan dan Latihan Khusus (Diklatsus) Wawasan Kebangsaan Yayasan Gerbang Paramuda Nusantara. Upacara pembukaan Diklatsus tersebut tersebut digelar di lapangan Dukuh Karangwuni, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Sabtu (18/12/2021).




Ketua Panitia Diklatsus, Pandri Prabowo, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Desember 2021. Diklatasus tersebut digelar dalam upaya menanamkan dan meningkatkan cara pandang bangsa Indonesia, baik dari sisi pemahaman, rasa, ataupun semangat tentang diri dan lingkungannya agar mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945.

“Materi Diklatsus sendiri antara lain pendidikan wawasan kebangsaan dan kehidupan ber-Pancasila, melestarikan nilai-nilai kearifan lokal, sejarah, seni budaya dan tradisi, kerohanian, olah raga, SAR dasar, kedisiplinan, PBB, dan bhakti sosial,” jelas Pandri.

Sedangkan Dandim menyampaikan, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai negara bangsa yang berdaulat, tidak lepas dari semangat Bela Negara dari seluruh kekuatan rakyat. Mlai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, dan komponen masyarakat yang lain.

“Sejarah menunjukkan kepada kita semua bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara,” jelas Dandim.

Dandim juga mengatakan, tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa saat ini adalah panggilan bagi masyarakat semua untuk melaksanakan bela negara. Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing.

“Bela negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing, kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan,” tambah Dandim. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *