Coolio, Rapper Pemenang Grammy “Gangsta’s Paradise” Meninggal di Usia 59

Coolio. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Coolio, rapper, produser, dan aktor pemenang Grammy yang terkenal dengan hitnya tahun 1995 “Gangsta’s Paradise,” telah meninggal dunia di usia 59 tahun. Manajer lama rapper Jarel Posey mengkonfirmasi berita itu kepada Variety, mengatakan bahwa Coolio meninggal sekitar jam 5 sore waktu setempat pada Rabu sore. Menurut TMZ, Coolio ditemukan di rumah seorang teman.


“Kami turut berduka cita atas meninggalnya sahabat dan klien kami, Coolio, yang meninggal dunia sore ini. Dia menyentuh dunia dengan bakat bakatnya dan akan sangat dirindukan,” kata Sheila Finegan, manajernya di Trinity Artists International, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Variety, Jumat (30/9/2022).

“Terima kasih kepada semua orang di seluruh dunia yang telah mendengarkan musiknya dan kepada semua orang yang telah mengulurkan tangan terkait kematiannya. Harap orang-orang terkasih Coolio ada dalam pikiran dan doa Anda,” lanjutnya.

Coolio menjadi terkenal di adegan rap Los Angeles di tahun 90-an, mencetak terobosan besar ketika dia merekam lagu “Gangsta’s Paradise” untuk film 1995 “Dangerous Minds,” yang dibintangi Michelle Pfeiffer. Dengan cepat menjadi salah satu lagu rap paling populer sepanjang masa, memuncaki Billboard Hot 100 selama tiga minggu dan mengakhiri 1995 sebagai single No. 1 tahun itu di Amerika Serikat. Pada tahun 1996, “Gangsta’s Paradise” dinominasikan untuk rekor tahun ini dan penampilan solo rap terbaik di Grammy Awards, dengan Coolio memenangkan yang terakhir.

Lagu itu segera dipalsukan oleh “Weird Al” Yankovic, yang menyindirnya sebagai “Amish Paradise,” meskipun Coolio bersikeras bahwa dia tidak memberikan izin kepada Weird Al untuk melakukannya. Namun, Coolio kemudian mengatakan dalam wawancara bahwa keduanya menebus kesalahannya.

Lahir Artis Leon Ivey Jr. pada 1 Agustus 1963 di Pennsylvania, Coolio kemudian pindah ke Compton, California di mana ia bergabung dengan grup hip-hop WC dan Maad Circle pada tahun 1991. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1994, Coolio menandatangani kontrak dengan Tommy Boy Records dan merilis album debutnya “It Takes a Thief.” Dilontarkan oleh singel utama “Fantastic Voyage,” “It Takes a Thief” memuncak di No. 8 di chart album Billboard Hot 200 dan mendapatkan platinum bersertifikat.


Setelah kesuksesan “Gangsta’s Paradise” pada pertengahan 90-an, Coolio terus tumbuh dalam ketenaran dan akhirnya merekam “Aw, Here It Goes!” untuk urutan pembukaan “Kenan & Kel” Nickelodeon, di mana ia juga muncul. Album ketiganya, “My Soul,” dirilis pada tahun 1997 dan berisi “C U When U Get There,” yang mencapai No. 12 di Billboard Hot 100 Album ini disertifikasi emas tetapi tidak memiliki efek yang sama dengan dua rekaman pertamanya, dan dengan demikian menjadi rekaman terakhirnya bersama Tommy Boy.

Coolio kemudian merilis lima album studio lagi: “Coolio.com” tahun 2001, “El Cool Magnifico” tahun 2002, “The Return of the Gangsta” tahun 2006, “Steal Hear” tahun 2008 dan “From the Bottom 2 the Top” tahun 2009 Ketika kesuksesan komersialnya dalam musik memudar, Coolio menjadi tokoh TV, menempati posisi ketiga di acara bakat Jerman tentang artis yang ingin kembali pada tahun 2004 dan muncul di “Celebrity Big Brother” pada tahun 2009.

Makanan juga merupakan cinta besar Coolio. Dia merilis buku masak, “Cookin’ With Coolio,” pada tahun 2009 dan berkompetisi di seri Food Network “Rachael vs. Guy: Celebrity Cook-Off” pada tahun 2012, menempati posisi kedua.

Seorang aktor berbakat juga, Coolio muncul di puluhan film dan acara TV sepanjang karirnya. Dimulai dengan posisi tamu sebagai dirinya sendiri di “Martin” (1995), kredit Coolio termasuk spin-off TV “Dangerous Minds” (1996), “Sabrina the Teenage Witch” (1996), “Batman & Robin” (1997), “The Nanny” (1998), “Tyrone” (1999), “Midnight Mass” (1999), “Charmed” (2002), “Star-ving” (2009), “Futurama” (2001, 2010) dan “Gravity Falls” (2012).

Menurut halaman IMDb-nya, Coolio memiliki tiga film yang sedang dikerjakan: “Bobcat Moretti” karya Rob Margolies, film monster berjudul “It Wants Blood 2” dan film TV “Vegas High.” Coolio juga terus tampil, setelah baru-baru ini memainkan satu set di Chicago’s Riot Fest pada 18 September. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *