Ciu Masih Beredar Bebas, Polres Musnahkan 2.150 Liter Miras

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi bersama pejabat Forkopimda memusnahan ribuan liter ciu dan miras oplosan, Jumat (21/12).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Perang terhadap penyakit masyarakat terus dilakukan Polres Sukoharjo. Salah satunya adalah minuman keras (miras) yang jadi sasaran razia. Hasil dari razia tersebut lantas dimusnahkan. Seperti yang dilakukan Polres pada Jumat (21/12) di halaman Setda Pemkab yang memusnahkan ribuan liter miras dimana didalamnya termasuk miras lokal jenis ciu.

Dalam kesempatan itu, Polres Sukoharjo memusnahkan 2.150 liter miras jenis ciu dan juga miras oplosan yang dikemas dalam botol impor sebanyak tujuh botol. Miras tersebut merupakan miras hasil razia petugas dalam menghadapi Operasi Lilin Candi menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019. Pemusnahan dilakukan usai gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Miras tersebut merupakan hasil operasi petugas dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini,” ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

Pemusnahan tersebut dilakukan bersama Wakil Bupati Purwadi dan juga pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga organisasi kemasyarakatan di Sukoharjo. Kapolres mengaku, selama ini anggota Polres intensig melakukan pemberantasan peredaran miras yang merupakan bagian dari penyakit masyarakat (pekat).

Menurut Kapolres, miras menjadi salah satu pemicu tindak kriminal lainnya. Bahkan, miras oplosan seringkali memakan korban jiwa. Menghadapi Natal dan Tahun Baru Kapolres mengimbau eleman masyarakat Sukoharjo ikut menjaga kondusivitas daerah. Disisi lain, masyarakat yang merayakan Natal dipersilahkan beribadah dan elemen masyarakat lain bersama-sama membantu memberikan pengamanan.

Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP AA Gede Oka menambahkan, terkait miras yang dimusnahkan tersebut tidak ada tersangka yang ditahan. Pemilik miras ilegal sendiri dijerat dengan pasal tindak pidana ringan (tipiring) dan dilakukan pembinaan. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments