Ragam  

Cara Unik Cah Sukoharjo Melawan Kekerasan Terhadap Anak

Ratusan pelajar melakukan aksi damai Stop Kekerasan Terhadap Anak di ”Car Free Day” Sukoharjo, Minggu (12/11).

Sukoharjonews.com – Ratusan pelajar di Sukoharjo menggelar aksi damai di ”Car Free Day” Sukoharjo, Minggu (12/11). Para pelajar SMA/SMP yang tergabung dalam Forum Anak Sukoharjo itu menyerukan “Stop Kekerasan Terhadap Anak”.

Mereka melakukan ”long march” sembari menenteng spanduk dan poster-poster yang berkaitan dengan kekerasan terhadap anak. Seperti “Stop Kekerasan Terhadap dan Wanita”, “Jangan Jadikan Anak sebagai Tumbal dalam Keluarga” dan “Kenali, Pahami dan Penuhi Hak-hak Anak”.

Tidak hanya itu, dalam aksi tersebut juga digelar Pentas Seni hingga lomba Cerdas Cermat dengan materi seputar Undang-Undang Perlindungan anak. Koordinator Aksi, Domingga Aryaduta menjelaskan aksi tersebut mengingatkan bahwa anak-anak mulai dari usia 0-18 tahun mempunyai hak-hak yang layak mereka dapatkan terutama dari orangtua masing-masing.

“Para generasi muda mempunyai hak hidup, tumbuh kembang, serta hak mendapat perlindungan dan berpartisipasi,” jelasnya saat menemui sukoharjonews.com, Selasa (14/11).

Kabid Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukoharjo, Sunarto menambahkan, aksi tersebut untuk mendukung terwujudnya Indonesia Negara Layak Anak Tahun pada 2030 mendatang.

Menurutnya, setiap orang harus sadar dan memahami bahwa anak-anak mempunyai hak-hak yang layak mereka dapatkan. Masyarakat utamanya keluarga harus aktif dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

“Kekerasan anak bisa bersifat kekerasan fisik, kekerasan mental, kekerasan verbal dan kekerasan seksual,” terangnya. (adam maulana)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.