Tips  

Cara Self Love Dalam Islam

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Mencintai diri sendiri atau sering kita dengar dengan self love merupakan sebuah bentuk rasa syukur kita dengan cara mencintai serta menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri. Keindahan dalam agama Islam juga mengajarkan kepada umat manusia untuk mencintai diri sendiri sebagaimana Allah SWT mencintai makhluknya.


Mencintai diri sendiri juga merupakan bentuk syukur umat muslim atas nikmat Allah SWT, namun sebagaian orang belum mengetahui makna self love itu sendiri, sesungguhnya mencintai diri sendiri merupakan amanah dari Allah SWT. Mencintai diri sendiri berbeda dengan mengagumi diri sendiri atau dalam Islam disebut ujub, self love berasal dari lubuk hati, sedangakan ujub merupakan sifat yang membanggakan diri sendiri secara berlebihan.

Dilansir dari Channel Youtube CXO Media, Rabu (23/3/2022), berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencintai diri sendiri:

1. Pernyataan positif untuk diri sendiri
Kegiatan ini merupakan bentuk satu proses self love dengan cara memberikan pernyataan positif untuk diri sendiri sebagai bentuk dalam menigkatkan rasa percaya diri atau biasa disebut afirmasi diri.

2. Berhenti memberikan “Label” negatif pada diri sendiri
Rasa percaya dri juga berguna untuk menghindari pemberian label negatif, jangan sampai kita memberikan label atau afirmasi negatif terhadap diri serta jangan membiarkan nilai atau perspektif negatif menguasai kehidupan sehingga terciptanya rasa insecure atau rendah diri. Jauhi juga perbuatan yang merukan serta merujuk pada perbuatan negatif.


3. Memberi waktu utnuk diri sendiri atau me time
Meluangkan waktu untuk melakukan hal positif yang disukai dan memapu membuat diri bahagia. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan diri sendiri serta menciptakan perasaan yang baik serta rasa syukur terhadap kehiupan.

4. Menerapkan gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat dapat diterapkan dengan cara mengomsumsi amkana yang bergizi serta halal, istirahat yang cukup, banyak minum air putih, serta menjauhi larangan dari Allah SWT. Serta rajin melakukan olah raga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

5. Menjaga kecantikan batiniah sebagai bentuk rasa cingta terhadap diri sendiri
hal ini dapat dilakukan dengan menjauhkan diri dari segala pikiran dan perasaan negatif seperti sombong, iri, dengki dan sebagainya. Pemikiran tersebut dapat merusak diri sendiri. (isnaini-magang 03/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *