Cara Menyembuhkan Bisul

Mengpbati bisul.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Pernah terpikirkan apa itu bisul? Bisul berbentuk benjolan berisi nanah yang muncul di permukaan kulit. Munculnya bisul akan membuat kulit menjadi kemerahan. Beberapa bisul yang muncul dapat menimbulkan rasa nyeri dan terkadang disertai gejala lainnya.


Dilansir dari Ciputra Hospital, Kamis (6/6/2024), ada makanan penyebab bisul yang dapat menjadi faktor pemicu. Yuk, cari tahu penyebab dan cara menyembuhkan bisul untuk membantu proses penyembuhan. Mari kenali apa itu bisul dan bagaimana cara menyembuhkan bisul.

Apa Itu Bisul?
Bisul adalah benjolan yang muncul di permukaan kulit. Ukurannya beragam, bisa muncul dengan ukuran kecil atau pun besar. Bisul yang muncul selalu berisi nanah. Terkadang, bisul dapat menyebabkan rasa nyeri dan membuat kulit menjadi kemerahan. Bisul dapat muncul di berbagai area seluruh tubuh. Namun, kebanyakan bisul muncul di area-area tertentu. Misalnya saja area wajah, ketiak, leher, bahu, kelopak mata, dan terkadang juga muncul di area alat kelamin. Hal itu terjadi karena berada di bagian tubuh yang lembap dan sering mengalami gesekan. Bisul dapat menyerang segala usia termasuk anak-anak. Namun, kebanyakan bisul menyerang usia remaja dan orang dewasa.

Bisul di Ketiak
Selain bagian tubuh ternyata bisul dapat muncul pada lipatan ketiak. Kebersihan area ketiak yang tidak terjaga menjadi penyebab munculnya bisul. Bisul yang muncul di ketiak dapat mengganggu aktivitas karena tumbuh pada bagian yang sering mengalami gesekan.

Cara Menghilangkan Bisul di Rumah
Bisul termasuk dalam penyakit yang tidak tergolong parah. Namun, munculnya bisul dapat membuat aktivitas menjadi terganggu. Berikut ini adalah cara menyembuhkan bisul yang dapat Anda lakukan di rumah:


1. Kompres dengan Air Hangat
Ketika Anda merasa bisul mulai muncul di tubuh Anda, segera kompres dengan air hangat. Anda dapat menggunakan handuk bersih untuk mengompresnya. Kompres dengan air hangat akan membantu Sel-sel darah putih dan antibodi-antibodi menuju area bisul untuk melawan infeksi , akibat dari aliran darah yg menjadi lebih lancar , karena suhu panas. Anda dapat melakukannya setiap hari selama bisul masih ada kurang lebih 10-15 menit.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh
Kebersihan tubuh menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah munculnya bisul. Pastikan Anda mandi setiap hari setelah seharian beraktivitas. Cuci handuk dan selimut, atau sarung bantal Anda rutin seminggu sekali. Bersihkan pula area rumah Anda untuk mencegah munculnya bakteri.

3. Olesi dengan Minyak
Beberapa minyak olesan dapat digunakan untuk menghilangkan bisul. Salah satunya adalah tea tree oil. Tea tree oil bersifat antibakteri dan termasuk dalam antiseptik yang ampuh mengobati infeksi bakteri. Penggunaan tea tree oil tidak boleh dioleskan secara langsung. Jika dioleskan secara langsung tea tree oil dapat menyebabkan efek terbakar pada kulit. Jika Anda ingin menggunakan minyak ini, campurkan tetesan tea tree oil sebanyak 5 tetes dengan I sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya sehari 3 kali . Lakukan langkah ini setiap hari sampai bisul pecah dan hilang. Minyak lain yang dapat digunakan untuk mengobati bisul adalah minyak jarak dan minyak neem.

4. Menggunakan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit dikenal ampuh untuk melawan bakteri dan anti inflamasi. Oleh karena itu, bubuk kunyit dapat dijadikan pilihan dalam mengobati bisul. Pengobatan menggunakan bubuk kunyit dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan meminumnya atau dioles. Jika ingin diminum, Anda dapat merebus satu sendok teh bubuk kunyit dengan air, tunggu hingga mendidih . Jika sudah diminum setelah dingin, Anda bisa menyeduhnya 3 kali sehari selama bisul belum menghilang. Kemudian, jika ingin digunakan sebagai olesan, Anda bisa mencampur satu sendok bubuk kunyit dengan air dua sendok atau secukupnya serta jahe sampai kental. Setelah itu, oleskan campuran tadi ke bisul Anda dan lakukan langkah ini 2 kali sehari selama bisul masih ada.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *