Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami, Mudah dan Aman Dilakukan

Cara menghilangkan keloid. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Keloid adalah bekas luka yang membesar, disebabkan karena pertumbuhan jaringan fibrosa yang tidak normal. Mereka dianggap tumor fibrosa jinak pada kulit. Bentuknya tidak beraturan, merah muda, memiliki penampilan halus, dan ukurannya semakin bertambah.


Di lansir dari American Academy of Dermatology, Selasa (28/11/2023), keloid pada kulit ini sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri, apalagi jika keloid muncul di kulit seorang wanita. perawatan untuk keloid bisa meliputi suntikan kortikosteroid. Suntikan ini sering menjadi bagian dari rencana perawatan keloid untuk membantu mengecilkan bekas luka.

Menghilangkan keloid bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan tindakan medis dan cara alami. Melakukan tindakan medis mungkin akan menghabiskan banyak biaya, maka jika kamu memiliki keloid bisa mencoba dengan perawatan alami, menggunakan bahan-bahan yang alami juga. Berikut cara menghilangkan keloid secara alami:


1. Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat dijadikan bahan pengelupas dan astringen kimiawi. Ini dapat membantu meminimalkan kemerahan dan ukuran bekas luka.

2. Aspirin
Aspirin topikal sangat berguna untuk mengobati keloid. Sifat anti-inflamasi dan pengelupasannya terbukti bermanfaat dalam memudarkan tampilan keloid. Namun, perawatan ini harus digunakan di bawah bimbingan dokter.

3. Air perasan lemon
Lemon kaya akan vitamin C dan berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik dalam penyembuhan cepat bekas luka keloid. Dalam beberapa minggu aplikasi, kamu akan melihat perubahan pada fleksibilitas, tekstur, dan warna kulit.


4. Baking soda
Soda kue adalah bahan abrasif yang dapat membantu pengelupasan kulit dan menjaga kebersihan kulit. Ini juga menenangkan kulit yang teriritasi dan mengurangi pembengkakan keloid. Namun hal ini perlu penelitian ilmiah yang lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.

5. Bubuk kayu cendana dan air mawar
Cendana dikenal karena sifat regenerasi kulitnya, dan air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang merupakan toner kulit. Sifat-sifat inilah yang dapat membantu mengobati keloid.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *