Tips  

Cara Mengatasi Hidung Kering

Mengatasi hidung kering. (Foto: aido health)

Sukoharjonews.com – Musim dingin atau alergi membuat banyak dari kita mengalami gejala khas yang muncul tepat di tengah-tengah wajah kita: hidung kering .


Dilansir dari Healthline, Rabu (06/12/2023) meskipun hidung kering tidak nyaman, banyak pengobatan untuk mengatasi hidung kering yang dapat dibeli di toko atau online, atau bahkan diobati dengan barang-barang yang sudah Anda miliki di rumah. Berikut lima pengobatan rumahan yang efektif:

1. Petroleum jeli
Gunakan jari Anda untuk mengoleskan sedikit petroleum jelly ke lapisan dalam hidung Anda. Tidak hanya baik untuk menjaga kelembapan hidung, tetapi juga aman ditangani oleh perut Anda dalam jumlah kecil.

Usahakan untuk tidak menggunakan metode ini terlalu sering atau dalam jangka waktu lama, dan hindari menerapkan terlalu banyak sekaligus.
Dalam kasus yang jarang terjadi, virus ini dapat masuk ke trakea dan paru-paru dan menyebabkan masalah paru-paru yang signifikan . Jika Anda sudah mempunyai masalah paru-paru kronis, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba perawatan di rumah ini.
Temukan petroleum jelly di internet.

2. Pelembab udara
Tidur dengan pelembab kabut kering di kamar tidur Anda dapat membantu meningkatkan kelembapan di kamar Anda, yang dapat melegakan saluran hidung Anda . Tempatkan pelembab udara di tengah ruangan.


3. Saline nose spray
saline nose spray dapat membantu melembapkan hidung sekaligus membersihkan debu, kotoran, dan serbuk sari . Mereka juga dapat membantu meringankan kemacetan .
Beberapa orang lebih menyukai gel garam hidung dan merasa ini lebih baik daripada bentuk cair.
Hindari penggunaan semprotan obat lain untuk mengatasi kekeringan hidung.

4. Tisu basah
Basahi atisu wajah dengan air menggunakan botol semprot, dan usap di sepanjang lapisan lubang hidung Anda. Ini dapat membantu mencegah kekeringan dan iritasi.
Anda juga bisa menggunakantisu bayi , yang dirancang untuk membersihkan area sensitif tanpa menyebabkan kekeringan berlebihan.

5. Uap atau sauna
Perawatan wajah rumahan yang umum, uap , juga dapat membantu meredakan hidung kering. Anda bahkan bisa menundukkan kepala di atas wastafel berisi air panas, tetapi efek uapnya tidak akan bertahan lama. Menggunakan handuk dengan wastafel atau mangkuk berisi air panas dapat meningkatkan efeknya. Mandi air hangat juga bagus.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *