Bupati dan Forkopimda Sidak Stok Minyak Goreng Hingga ke Distributor, Begini Kondisi Aslinya

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Wakil Bupati, Agus Santosa, dan Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat sidak stok minyak goreng di Supermarket Lottemart The Park Mal Solo Baru, Jumat (25/2/2022).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sulitnya masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk mendapatkan minyak goreng direspon Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Bersama Wakil Bupati, Agus Santosa, dan Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Bupati melakukan inspeksi mendadak ke pasar, supermarket, hingga ke distributor minyak goreng.


Lokasi sidak pertama Bupati dan rombongan menyasar Pasar Ir Soekarno. Di pasar tersebut, sangat minum pedagang yang memiliki stok minyak goreng (migor). Dari sidak tersebut, hanya ada satu kios yang menjual migor dengan harga Rp14.000/liter dengan merek Fergut. Untuk beberapa kios ada juga yang memiliki stok migor tapi dijual dengan harga lama karena merupakan stok lama.

Sidak kedua menyasar distributor migor di Kecamatan Grogol CV Rukun Makmur. Di lokasi tersebut, stok migor masih cukup banyak. Namun, stok migor tersebut tidak hanya didistribusikan di Sukoharjo saja, tapi juga di daerah Solo Raya. CV Rukun Makmur sendiri mendistribusikan migor dengan merek Fergut yang dipasaran dijual sesuai HET pemerintah, Rp14.000 per liter.

Lokasi sidak ketiga adalag supermarket Lottemart The Park Mal Solo Baru. Bupati dan rombongan masih mendapati stok migor yang dipajang di rak. Namun, supermarket tersebut tidak menyediakan kemasan satu liter, melainkan kemasan dua liter yang dijual Rp28.000.

Bupati mengatakan, saat ini stok migor ada meski tipis karena pasokan dari distributor juga terbatas. Terkait harga migor di pasar tradisional, ada yang Rp14.000 per liter sesuai HET pemerintah, namun ada yang masih diatas HET karena merupakan stok lama.

“Nah, untuk yang harga Rp14.000 merek Fergut ini cepat habis karena diserbu masyarakat, akhirnya stok migor di pasar pun jadi sedikit,” ujar Etik.

Untuk distributor CV Rukun Makmur, lanjur Etik, selama ini juga tergantung dari kuota yang diberikan oleh distributor dari Semarang. Selama ini setiap hari mendapat pasokan lima tangki migor dengan satu tangki berkapasitas 16.000 liter. CV Rukun Makmur sendiri setiap hari mampu mengemas 20.000 liter migor dengan merek Fergut.

“Untuk 20.000 liter yang sudah dikemas itu didistribusikan ke pasar-pasar, tidak hanya Sukoharjo saja, tapi wilayah lain di Solo Raya. Pelanggan baru diberi dua karton, kalau yang lama lima karton dimana satu karton berisi 12 liter migor,” ungkap Etik.

Saat sidak di supermarket Lottemart The Park Mal, stok migor masih cukup banyak. Manajemen Lottemart, Siti, menyampaikan selama ini pengisian di rak dilakukan tiga kali dalam sehari. Masing-masing pagi, siang, dan sore hari. Pengisian rak sendiri dilakukan secara random dan tidak terjadwal secara khusus.

“Kalau begitu habis langsung diisi, pasti langsung habis. Untuk itu pengisian rak dilakukan secara random tiga kali sehari,” jelas Siti pada Bupati dan rombongan. (nita)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *