Bulan Ini Bulog Selesaikan Penyaluran Rastra 2017

Pekerja di Bulog Telukan, Grogol tengah menyiapkan rastra alokasi Desember yang akan disalurkan pada masyarakat mulai Senin (6/11) mendatang.

Sukoharjonews.com – Bulan November ini, Bulog menargetkan penyaluran beras sejahtera (rastra) tahun 2017 untuk 47.849 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sukoharjo selesai. Rastra untuk alokasi bulan Desember mulai disalurkan pada warga mulai 6-9 November mendatang. Terkait ada tidaknya penyaluran tambahan di bulan Desember nanti, Bulog masih informasi lebih lanjut.

“Yang jelas, rastra reguler tahun ini selesai penyalurannya di bulan ini. Senin, (6/11) depan mulai penyaluran untuk alokasi Desember,” terang Kepala Gudang Bulog Telukan, Grogol, Sukoharjo Wisnu Sancoyo, Kamis (2/11).

Menurutnya, sesuai target secara keseluruhan, penyaluran rastra tahun 2017 harus sudah selesai pada bulan November ini. Selama ini, khusus untuk Bulog Telukan, Grogol mendapat alokasi penyaluran rastra sebesar 717.735 kilogram untuk 47.849 KPM. Para penerima rastra tersebar di 167 desa/kelurahan di 12 kecamatan.

Dikatakan Wisnu, rastra sendiri merupakan pengganti beras untuk warga miskin (raskin). Rastra tahun ini mulai disalurkan pada pertengahan Maret lalu. Pernyaluran rastra sendiri bisa dilaksanakan dua kali setiap bulannya disesuaikan dengan momen tertentu seperti bulan puasa dan menjelang Lebaran. Penyaluran dua kali tersebut dilakukan untuk mempercepat proses penerimaan rastra. Pasalnya, penyaluran dilakukan cukup terlambat yakni mulai Maret.

“Untuk Desember tidak ada penyaluran rastra reguler. Soal ada tidaknya rastra ke-13 atau ke-14, belum ada informasi apapun dari pemerintah,” ujar Wisnu.

Untuk penyaluran rastra alokasi Desember, Wisnu mengaku beras sudah disiapkan termasuk dengan armada pengangkutnya. Selama ini, Wisnu mengaku selama penyaluran tidak ditemukan kendala karena pengiriman dilakukan sudah terjadwal. Selain itu, armada truk pengangkut juga tersedia.

Terpisah, Asisten II Sekda kaligus Ketua Tim Rastra Kabupaten Sukoharjo Widodo mengatakan, penyaluran rastra tahun 2017 segera berakhir. Setelah November ini, rastra reguler sudah disalurkan seluruhnya. “Saya harap penyaluran maupun administrasi pembayaran bisa segera terselesaikan. Desember semua bisa klir dan tinggal menunggu alokasi rastra tahun 2018 mendatang,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.