Ragam  

Bencana Banjir Jadi Ancaman, Alarm Banjir Jadi Andalan Warga Bantaran Sungai Bengawan Solo

Alarm banjir arau “early warning system menjadi andalan warga untuk kewaspadaan banjir di sepanjang Sungai Bengawan Solo di wilayah Sukoharjo,

Sukoharjonews.com (Grogol) – Turunnya hujan dalam beberapa hari terakhir menjadikan segenap elemen di Kabupaten Sukoharjo mewaspadai terjadinya bencana banjir. Kewaspadaan utamanya di daerah rawan banjir, yakni di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo dan anak sungainya.


Salah satu upaya antisipasi adanya bencana tersebut adalah pengecekan kondisi alarm banjir atau “early warning system” (EWS) yang ada di sejumlah titik di sepanjang Sungai Bengawan Solo yang berada di Kecamatan Grogol. Alarm tersebut menjadi deteksi dini dan penanda bagi masyarakat untuk waspada.

Ketika alarm mulai menyala dan berbunyi, tandanya warga harus waspada adanya banjir. Untuk memastikan kondisi alarm berfungsi, Polsek Grogol melalakukan pengecekan kondisi alarma yang ada dibawah jembatan Bacem, Telukan.

“Selama ini alarm banjir atau EWS ini jadi andalan warga ketika air sungai mulai meluap. Artinya warga harus waspada ketika alarm menyala,” terang Kapolsek Grogol, AKP Marlin Supu Payu, Kamis (20/10/2022).

“Jadi warga akan bersiap kapan akan mengungsi atau tetap bertahan di rumah,” sambungnya.

AKP Marlin, kondisi EWS berfungsi normal sehingga sangat membantu memberi peringatan bagi warga sejak dini sebelum air masuk ke dalam permukiman.

“Kondisi EWS berfungsi normal, alat tidak mengalami kerusakan. Kami tetap berkoordinasi dengan pihak terkait tentang kesiapan apabila terjadi bencana banjir,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *