Bahan-Bahan yang Harus Dihindari Untuk Perawatan Di Bawah Mata

Bahan bahaya untuk kulit mata. (Foto: the sun)

Sukoharjonews.com – Kulit di sekitar area mata termasuk bagian paling sensitif dari wajah manusia. Karena itulah tak jarang produk-produk kecantikan, perawatan kulit, dan obat kulit menyertakan keterangan yang bertulisan, “Hindari area mata.”


Dikutip dari Swirlster, pada Jumat (7/4/2023), kulit di bawah mata sangat sensitif dan memilih formulasi dan produk yang tepat untuk kebutuhan yang sama membutuhkan pendekatan yang sadar. Meskipun kita selalu berbicara tentang apa yang cocok untuk area kulit di bawah mata, sudah saatnya kita berbicara tentang bahan-bahan yang dilarang. Oleh karena itu, simak bahan-bahan yang sebaiknya jangan dioleskan di bawah mata berikut:

1. Paraben
Sayangnya, bahan yang satu ini sering ditemukan di banyak skincare essentials . Pada dasarnya, tujuan utama paraben adalah untuk memperpanjang umur simpan. Namun penggunaan produk yang mengandung paraben di sekitar area mata dapat menyebabkan iritasi bahkan dapat menyebabkan bengkak dan kemerahan di sekitar area tersebut.


2. Asam salisilat
Asam salisilat sering dikenal sebagai bahan utama untuk merawat kulit karena membantu meredakan peradangan , tetapi bila digunakan di area mata yang sensitif, dapat menyebabkan sensasi gatal, kering, dan iritasi. Bahkan bisa menyebabkan kemerahan di dekat area tersebut; oleh karena itu yang terbaik adalah menghindari bahan ini untuk rutinitas perawatan mata Anda.

3. Retinol
Perawatan kulit kami mungkin memiliki fitur bahan ini dalam formulasinya tetapi ketika digunakan di bawah mata, ini cenderung membuat area tersebut sensitif dan bahkan dapat menyebabkan kekeringan yang ekstrim. Pastikan untuk tidak menggunakannya langsung di bawah mata dan gunakan sedikit jauh untuk hasil terbaik.


4. Alkohol
Ini hanyalah bahan lain yang kebetulan merupakan larangan besar dalam hal perawatan mata. Ini menghilangkan kelembapan dari kulit dan membuatnya terasa dehidrasi. Selain membuat kering, bahkan bisa menyebabkan peradangan.

5. Steroid
Banyak produk perawatan kulit mengandung steroid topikal yang bila digunakan di bawah area mata dapat menyebabkan penipisan kulit. Area bawah mata sudah sensitif dan penipisan lebih lanjut dapat membuatnya lebih sensitif. Kulit wajah masih bisa menangani banyak hal tapi kulit bawah mata tidak bisa. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *