Arti Mengidam Makanan Saat PMS pada Wanita

Arti mengidam makanan. (Foto: orami)

Sukoharjonews.com – Mengidam makanan saat sedang menstruasi adalah hal yang biasa tetapi membuat kita diliputi rasa bersalah. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa lapar saat PMS? Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh The FASEB Journal menunjukkan bahwa selama siklus menstruasi, tingkat hormon estrogen dan progesteron Anda berubah dan hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk makan karbohidrat dan gula sebelum dan selama periode tersebut. Selain itu, serotonin, zat kimia yang meningkatkan perasaan bahagia, bertanggung jawab atas keinginan untuk makan makanan tertentu selama siklus menstruasi. Kebanyakan wanita mengalami penurunan kadar serotonin, yang memicu keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat. Dan tubuh Anda menggunakan karbohidrat untuk membuat serotonin.


Dikutip dari Healthshots, pada Kamis (30/11/2023), mayoritas wanita mengalami mengidam makanan tertentu satu minggu sebelum menstruasi. Seorang wanita cenderung mengalami berbagai perubahan fisik dan emosional pada hari-hari menjelang periode menstruasinya. Perubahan ini disebut sindrom pramenstruasi (PMS). Mengidam makanan terlihat karena fluktuasi hormon dan kadar serotonin selama menstruasi. Ngidam adalah salah satu gejala PMSing. Oleh karena itu, inilah arti mengidam makanan saat PMS:

1. Mengidam Gula
Mengidam makanan manis sangat umum terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Tahukah Anda mengapa ini terjadi? Ya, karena hormon Anda berubah pada masa ini dan hal ini dapat menyebabkan turunnya kadar gula darah, sehingga mengundang keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Mendambakan sesuatu yang manis saat sedang menstruasi berarti tubuh Anda membutuhkan sedikit insulin saat ini. Jadi, perbanyaklah karbohidrat tetapi perhatikan konsumsinya. Kadar serotonin di otak Anda juga cenderung menurun saat Anda menstruasi. Ketika hal ini terjadi, seseorang akan mendambakan gula dan karbohidrat (seperti keripik kentang) karena tubuh menggunakan karbohidrat untuk membuat serotonin.


2. Mengidam Coklat
Mengidam coklat umumnya dikaitkan dengan rendahnya kadar magnesium. Itu hanya menunjukkan kekurangan magnesium dalam tubuh Anda. Namun coklat bukanlah sumber konsumsi magnesium yang baik karena juga tinggi lemak. Cobalah beralih ke sayuran berdaun hijau, biji-bijian, dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan magnesium Anda. Selain itu, jika Anda memang ingin makan coklat, pilihlah dark chocolate saja. Ini tinggi antioksidan dan mineral dan akan menekan perbaikan gula.

3. Mengidam makanan asin
Setelah gula , garam adalah makanan terburuk lainnya yang bisa Anda makan sebelum dan selama menstruasi. Ngidam ini mungkin timbul karena fluktuasi hormonal selama menstruasi. Seseorang mungkin ingin makan keripik dan camilan olahan yang sarat garam. Namun jangan beralih ke hal ini karena pola makan tinggi garam dapat menyebabkan kembung dan masalah tekanan darah. Jika Anda mendambakan makanan asin, itu berarti Anda mengalami dehidrasi dan kekurangan natrium. Buatlah air detoks untuk menghidrasi diri Anda.


Tips mengatasi ngidam PMS:
1. Cobalah makan karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, lentil, dan sereal (bukan karbohidrat sederhana yang mungkin Anda idamkan untuk roti atau pasta)

2. Mengonsumsi makanan kaya kalsium bisa menjadi ide bagus.

3. Kurangi lemak, garam, dan gula.

4. Hindari kafein dan alkohol saat Anda sedang menstruasi.

5. Untuk menambah asupan magnesium, Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam, almond, biji-bijian, dan biji-bijian.

6. Cobalah untuk mengatasi keinginan makan gula dengan memilih smoothie atau campuran makanan ringan

Jadi, lain kali Anda merasa mendambakan makanan seperti itu, beralihlah ke makan sesuatu yang sehat daripada makan sekantong keripik!(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *