Apakah Benar Stres Menyebabkan Rambut Rontok? Ini Penjelasannya

Stres menyebabkan rambut rontok.(Foto: Hair energy)

Sukoharjonews.com – Jika rambut Anda menipis atau rontok, Anda mungkin mencoba mencari tahu alasannya. Jika rambut rontok Anda disebabkan oleh stres , mengkhawatirkan hal tersebut dapat memperburuk masalah.


Rambut biasanya rontok, tetapi dapat mempengaruhi seluruh kulit kepala dan bahkan rambut di tubuh. Rambut mungkin tumbuh kembali dengan sendirinya, namun beberapa orang memerlukan perawatan rambut rontok.

Dilansir dari Verywell mind, Jum’at (14/6/2024), stres dapat menyebabkan kerontokan rambut, dan ada beberapa alasan berbeda yang menyebabkan hal ini terjadi. Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa rambut Anda rontok karena stres.

Stres fisik atau emosional yang berlebihan (termasuk cedera, penyakit, atau pembedahan) dapat menyebabkan dua jenis kerontokan rambut:

Alopesia areata:
Dengan alopecia, kerontokan rambut akibat stres terjadi ketika sel darah putih menyerang folikel rambut. Pada jenis rambut rontok ini, rambut rontok dalam beberapa minggu.

Effluvium telogen:
Dibandingkan dengan alopecia, jenis kerontokan rambut akibat stres ini lebih umum terjadi namun tidak terlalu parah. Rambut berhenti tumbuh dan tidak aktif, rontok dua atau tiga bulan kemudian. Biasanya tumbuh kembali dalam waktu enam hingga sembilan bulan.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa banyak rambut rontok yang dialami seseorang:

Penuaan :
Kebanyakan orang mulai mengalami kerontokan rambut setelah usia 30 tahun, namun bisa juga terjadi lebih awal. Pria cenderung mengalami kerontokan rambut lebih cepat dibandingkan wanita.

Umur :
Umur rata-rata sehelai rambut adalah sekitar empat tahun. Rambut baru biasanya menggantikan rambut yang rontok dalam waktu enam bulan.

Styling :
Keramas, pengering rambut, penyikatan, dan perawatan rambut lainnya yang kita lakukan secara rutin seringkali menyebabkan kerontokan beberapa helai rambut di sana-sini.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *