Apa Risiko Terlalu Banyak Duduk? Simak Berikut Ini!

Efek terlalu lama duduk. (Fioto: WNYC)

Sukoharjonews.com – Saat Anda duduk, Anda menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan saat Anda berdiri atau bergerak. Penelitian telah menghubungkan duduk dalam jangka waktu lama dengan sejumlah masalah kesehatan. Hal ini termasuk obesitas dan serangkaian kondisi – peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol tidak sehat – yang membentuk sindrom metabolik. Terlalu banyak duduk dan duduk dalam waktu lama juga tampaknya meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker.


Dilansir dari Mayo clinic , Sabtu (17/2/2024), Duduk terlalu lama – seperti di meja, di belakang kemudi, atau di depan layar – bisa berbahaya.

Para peneliti menganalisis 13 studi tentang waktu duduk dan tingkat aktivitas. Mereka menemukan bahwa mereka yang duduk lebih dari delapan jam sehari tanpa aktivitas fisik memiliki risiko kematian yang serupa dengan risiko kematian akibat obesitas dan merokok.

Namun, tidak seperti beberapa penelitian lain, analisis data terhadap lebih dari 1 juta orang ini menemukan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 60 hingga 75 menit setiap hari dapat melawan efek terlalu banyak duduk. Penelitian lain menemukan bahwa bagi orang-orang yang paling aktif, waktu duduk hanya memberikan kontribusi kecil terhadap risiko kematian.

Secara keseluruhan, penelitian tampaknya menunjukkan fakta bahwa lebih sedikit duduk dan lebih banyak bergerak berkontribusi terhadap kesehatan yang lebih baik. Anda mungkin memulai dengan hanya berdiri daripada duduk jika ada kesempatan. Atau temukan cara untuk berjalan saat Anda bekerja. Misalnya:


1. Beristirahatlah dari duduk setiap 30 menit.
2. Berdirilah sambil berbicara di telepon atau menonton televisi.
3. Jika Anda bekerja di meja, cobalah meja berdiri — atau berimprovisasi dengan meja atau meja yang tinggi.
4. Berjalanlah bersama kolega Anda untuk rapat daripada duduk di ruang konferensi.
5. Posisikan permukaan kerja Anda di atas treadmill — dengan layar komputer dan keyboard di atas dudukan atau meja vertikal khusus yang siap untuk treadmill — sehingga Anda dapat bergerak sepanjang hari.

Dampak dari gerakan – bahkan gerakan santai – bisa sangat besar. Sebagai permulaan, Anda akan membakar lebih banyak kalori. Hal ini mungkin menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan energi. Selain itu, aktivitas fisik membantu menjaga kekencangan otot, kemampuan bergerak, dan kesehatan mental, terutama seiring bertambahnya usia.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *