Animo Pendaftar Polisi Tahun Ini Mengalami Penurunan

Sebanyak 177 pendaftar anggota polisi mengikuti pemeriksaan administrasi di Ruang Panjura Polres Sukoharjo, Kamis (12/4/).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 177 pendaftar anggota polisi mengikuti pemeriksaan administrasi awal penerimaan di Ruang Panjura Polres Sukoharjo. Tahun ini, animo masyarakat untuk mendaftar sebagai anggota polisi mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017 lalu yang mencapai 200 orang lebih. Salah satu penyebabnya dikarenakan waktu pendaftaran yang lebih singkat.



“Kalau tahun lalu waktu pendaftaran satu bulan penuh. Tahun ini hanya sekitar 17 hari sehingga jumlah pendaftar mengalami penurunan,” jelas Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Sukoharjo Kompol Basirun, Kamis (12/4).

Dikatakan Basirun, dari 177 pendaftar tersebut terdiri dari 20 orang pendaftar Akpol, satu orang pendaftar Bintara teknologi Informasi (TI), satu pendaftar Bintara Pelayaran, dua pendaftar Bintara Penerbang, 138 pendaftar Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), serta pendaftar Tamtama sebanyak 15 orang. Rencananya, pemeriksaan administrasi awal akan diselesaikan hari ini.

Setelah pemeriksaan dokomen administrasu ini, hasilnya akan kami kiirim ke Polda Jateng. Pasalnya, tahapan selanjutnya dilakukan di Polda dimana agenda selanjutnya adalah Psikotes. “Jika dalam pemeriksaan administrasi ini masih ada yang kurang, pendaftar masih bisa melengkapi hingga tahapan di Polda,” tambahnya.

Disisi lain, sejumlah pendaftar mengaku siap mengikuti tahapan seleksi anggota polisi di Polda. Seperti diungkapkan Arifianto. Alumni SMAN 3 Solo tersebut mendaftar Akpol. Warga Gempeng RT 2/2 desa Bulu, Kecamatan Bulu, Sukoharjo tersebut memgaku memiliki cita-cita sebagai anggota polisi.

“Saat ini sebenarnya sudah kuliah di UNS dan masuk semester dua, tapi saya tetap mendaftar Akpol. Saya harap bisa diterima,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Gilar Panggalih. Warga Kelurahan Gayam, Sukoharjo tersebut mengaku mendaftar untuk Bintara PTU. Gilar sendiri juga mengaku sudah kuliah semester 4 di UMS. Meski begitu, dirinya tetap mendaftar sebagai anggota polisi tahun ini. Gilar mengaku sudah tiga kali ini mendaftar sebagai anggota polisi. Dua kali pendaftaran sebelumnya dirinya gagal saat tes psikologi.

“Tahun ihi sudah siap. Semoga bisa lolos dan masuk sebagai anggota polisi,” ujar alumni SMAN 1 Sukoharjo tersebut. (erlano putra).



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.