Angka Stunting Masih 7,05%, Sukoharjo Galakkan Dapur Sehat

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stuntinf (Dashat) di Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Kamis (25/1/2024).

Sukoharjonews.com – Dalam upaya percepatan penurunan angka stunting, Pemkab Sukoharjo menggalakkan program Dapur Sehat Atasu Stunting (Dashat) di kampung-kampung. Hingga akhir 2023 lalu, angka stunting di Kabupaten Sukoharjo masih 7,05%.


“Program Dashat ini merupakan upaya Pemkab Sukoharjo untuk percepatan penanganan stunting,” ungkap Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meluncurkan Dashat di Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Kamis (25/1/2024).

Dikatakan Etik, stunting menjadi permasalahan yang harus ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, pemerintah, pengusaha swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang paling berperan adalah dimulai dari lingkungan keluarga. Menurutnya, masyarakat sebagai individu atau pribadi, dengan membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai bidang seperti penanganan gizi, kualitas sanitasi dan kualitas lingkungan.

Terkait program Dashat, Etik mengaku merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu meyusui dan ibu yang memiliki anak usia bawah dua tahun/ bawah lima tahun stunting terutama dari keluarga kurang mampu.


Kegiatan Dashat sendiri mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan bawah dua tahun. Dalam hal ini masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi.

Sedangkan Plh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, KB dan P3A Sukoharjo, Yudhianta, menyampaikan, acara tersebut bersinergi dengan Bank Jateng melalui program CSR-nya. Dengan program Dashat diharapkan percepatan penanganan stunting bisa dilakukan dengan target penurunan angka stunting.

“Dengan Dashat diharapkan bisa mengoptimalkan pembentukan keluarga berkualitas dan masyarakat lebih memahami dan memiliki wawasan mengenai pencegahan stunting,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *