Samsung Menjadi Perusahaan Pertama yang Mengembangkan DRAM GDDR7 24GB

Ilustrasi. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Samsung telah mengungkapkan bahwa mereka telah menciptakan chip memori DRAM GDDR7 24GB pertama di dunia, yang dirancang untuk GPU (unit pemrosesan grafis) berkinerja tinggi. Chip memori baru ini tidak hanya memiliki kapasitas terbesar tetapi juga tercepat di industri.

Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (19/10/2024), chip ini diharapkan dapat digunakan pada GPU terbaik tahun depan, memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja dan efisiensi energi. Perusahaan ini juga menjadi perusahaan pertama yang menyelesaikan pengembangan chip GDDR7, yang menandai pencapaian besar dalam industri ini.

Fitur Utama Chip GDDR7 24GB Samsung
Samsung memperkenalkan chip memori DRAM GDDR7 24GB, yang menawarkan kecepatan tercepat dan kapasitas penyimpanan tertinggi di antara jenisnya. Berkat teknologi bernama Pulse-Amplitude Modulation (PAM3), kecepatan transfer datanya bisa mencapai 40Gbps. Ini merupakan peningkatan 25% dibandingkan chip GDDR generasi sebelumnya. Di lingkungan tertentu, kecepatannya bahkan bisa mencapai 42,5Gbps.

Chip memori ini dibuat menggunakan proses manufaktur 10nm generasi ke-5 yang canggih dari Samsung. Meskipun mengemas lebih banyak memori (kepadatan 50% lebih banyak), ukuran chip tetap sama dengan versi sebelumnya.

Samsung juga menjadikan chip ini lebih hemat energi, mengurangi konsumsi daya hingga 30% melalui pilihan desain cerdas seperti manajemen kontrol jam dan sistem VDD ganda. Untuk lebih mengurangi pemborosan daya, Samsung menerapkan teknik power gating, yang membantu mengendalikan kebocoran daya.

DRAM GDDR7 Samsung dibuat untuk aplikasi yang menuntut, seperti kecerdasan buatan (AI), pusat data besar, dan tugas pemrosesan grafis yang berat. Kita juga berharap chip ini akan muncul di konsol game masa depan, komputer pribadi, dan bahkan kendaraan canggih dengan konektivitas pintar.

Samsung berencana memvalidasi chip memori GDDR7 ini (diuji dan disetujui secara resmi) akhir tahun ini. Setelah disetujui, chip tersebut diharapkan akan dikirimkan ke pelanggan besar seperti AMD dan Nvidia pada awal tahun 2024. Perusahaan-perusahaan ini kemungkinan akan menggunakan chip memori ini di GPU generasi berikutnya.

YongCheol Bae, Wakil Presiden Eksekutif Perencanaan Produk Memori di Samsung Electronics, menyatakan bahwa setelah merilis chip GDDR7 16Gb pertama di dunia tahun lalu, Samsung kini telah memperkuat kepemimpinannya di industri memori grafis. Dia menambahkan bahwa perusahaan berencana untuk terus menghadirkan produk memori mutakhir untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar seperti AI. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *