9 Manfaat Bawang Putih untuk Pria Dewasa Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat bawang putih untuk pria dewasa. (Foto: Hellosehat)

Sukoharjonews.com – Bawang putih termasuk jenis umbi-umbian yang sudah dikonsumsi manusia selama lebih dari 7000 tahun. Baik untuk bumbu masakan maupun obat, kandungan allicin pada bawang putih dipercaya dapat membantu mencegah hipertensi dan menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat hebat bawang putih terutama untuk pria dewasa yang belum banyak diketahui.


Dikutip dari Review Bukalapak, Minggu (26/6/2022), bawang putih memiliki manfaat untuk pria sehingga banyak produk khusus pria dewasa yang mengandung bawang putih. Meski begitu, kamu tidak wajib membeli produk herbal yang sudah jadi. Mengonsumsi bawang putih secara alami juga lebih bermanfaat bagi tubuh. Selain mudah didapatkan, harga bawang putih juga sangat terjangkau.

Berikut manfaat bawang putih untuk pria dewasa:

1. Meningkatkan produksi testosteron
Hormon testosteron sangat berpengaruh pada jumlah produksi sperma. Bawang putih yang mengandung selenium dan vitamin B6 dipercaya dapat berperan penting dalam memproduksi sperma yang sehat sekaligus meningkatkan produksi testosteron. Kandungan hormon testosteron juga memiliki fungsi dalam memperkuat otot serta kepadatan tulang pria.

2. Menyehatkan kelenjar prostat
Fungsi dari kelenjar prostat adalah mengeluarkan cairan yang dapat melindungi sperma. Ketika pria mengalami ejakulasi, prostat akan menutup saluran yang menuju kandung kemih dan membuat sperma bisa bergerak menuju rahim. Kelenjar prostat juga dapat menentukan kesuburan pria.

Pembesaran prostat akan berpengaruh seiring bertambahnya usia pria. Karena itu, mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko BPH (benign prostatic hyperplasia). Sebuah studi menemukan pria yang makan bawang putih memiliki risiko BPH 28% lebih rendah ketimbang yang tidak.

3. Menyehatkan kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular biasanya disebabkan karena radikal bebas seperti paparan zat kimia berbahaya pada tubuh. Radikal bebas juga dapat meningkatkan risiko mengerasnya pembuluh darah akibat timbunan plak atau biasa disebut dengan.

Timbunan plak tersebut dapat membuat pembuluh darah menyempit dan menebal sehingga bisa menghalangi sirkulasi darah di tubuh kita. Current Pharmaceutical Design menjelaskan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, salah satu penyebab aterosklerosis.


4. Terhindar dari disfungsi ereksi
Bawang putih dipercaya mampu mencegah disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual. Ada berbagai faktor mengapa hal tersebut terjadi. Salah satunya masalah sirkulasi darah menuju organ seksual. Karena bawang putih mampu melancarkan peredaran darah, maka dengan makan bawang putih secara rutin dan secukupnya bisa mengurangi disfungsi ereksi.

5. Menambah gairah seksual pria
Kadar testosterone juga memengaruhi faktor gairah seksual seseorang. Semakin banyak jumlah produksi testosterone maka pria akan semakin bergairah. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bawang putih mampu meningkatkan produksi testosterone dan juga dapat memperlancar peredaran darah. Bawang putih telah lama dianggap sebagai afrodisiak alami yang mampu memperbaiki sistem sirkulasi darah. Dengan demikian, tubuh seseorang akan lebih berenergi dan gairah seksual meningkat.

6. Berfungsi sebagai antioksidan, antivirus, dan antibakteri
Tidak hanya untuk pria sih sebenarnya. Antioksidan, antivirus, dan antibakteri dalam bawang putih dapat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan juga bermanfaat untuk membuat pria maupun perempuan lebih awet muda. Alisin yang bertindak sebagai antivirus dan antibakteri dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.


7. Dapat meningkatkan kesuburan pria
Selain meningkatkan aliran darah, beberapa penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Satu ulasan dari 18 penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih membantu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kadar testosteron, yang mungkin karena sifat antioksidannya.

Dalam penelitian hewan baru-baru ini, S-allyl cysteine, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, meningkatkan produksi testosteron pada tikus. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana bawang putih dapat mempengaruhi kesuburan pria dan kadar testosteron pada manusia.

8. Bertindak sebagai antioksidan
Antioksidan tidak hanya dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis tetapi juga dapat memainkan peran kunci dalam kesehatan seksual dan kesuburan. Bawang putih segar dan ekstrak bawang putih tua kaya akan antioksidan dan dapat membantu menetralkan senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Menurut satu penelitian di antara 100 pria dengan infertilitas, mengonsumsi suplemen antioksidan meningkatkan jumlah sperma. Menariknya, satu penelitian pada tikus dengan diabetes menemukan bahwa S-allyl cysteine ​​​​dari bawang putih meningkatkan fungsi ereksi dengan menghalangi pembentukan radikal bebas.

Namun, studi tambahan diperlukan untuk memahami bagaimana antioksidan dalam bawang putih dapat mempengaruhi fungsi seksual dan kesuburan pada manusia.

9. Menghasilkan wangi khas yang memikat
Sebuah penelitian baru di jurnal Appetite menyatakan bahwa pria yang makan bawang putih sebenarnya lebih menarik bagi lawan jenisnya. Hal ini bukan disebabkan karena bau khas bawang putih, melainkan wangi khas tubuh pria.

Penelitian ini memiliki tiga fase di mana jumlah dan jenis (umbi atau kapsul) bawang putih diberikan kepada 42 peserta pria. Lalu, bau tubuh para pria dikumpulkan pada pads yang dikenakan selama 12 jam dan dinilai oleh 82 perempuan. Hasilnya mengatakan bahwa perempuan merasa wangi tersebut menimbulkan kesenangan, daya tarik, dan intensitas. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *