8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat bawang putih untuk kesehatan. Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkann Konsumsi bawang putih telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Mari kita lihat manfaat kesehatan yang paling penting dari bawang putih.


Dilansir dari Spiceworldinc, Senin (12/12/2022), ada delapan manfaat bawang putih yang perlu kita ketahui, banyak sekali kandungan manfaat dalam bawang putih ini:

1. Bawang Putih Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Kekebalan tubuh Anda adalah yang membuatnya tidak sakit sejak awal, dan juga membantu melawan penyakit ketika situasi membutuhkannya. Bawang putih menawarkan peningkatan sistem kekebalan untuk membantu mencegah pilek dan virus flu.

2. Bawang Putih Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Stroke dan serangan jantung adalah dua masalah kesehatan paling signifikan di seluruh dunia. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang cukup besar untuk penyakit jantung. Diperkirakan menyebabkan sekitar 70% stroke, serangan jantung, dan gagal jantung kronis. Tekanan darah tinggi adalah penyebab 13,5 persen kematian di seluruh dunia.


3. Bawang Putih Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah komponen lemak dalam darah. Ada dua jenis kolesterol: kolesterol LDL “jahat” dan kolesterol HDL “baik”. Terlalu banyak kolesterol LDL dan tidak cukup kolesterol HDL dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

4. Bawang Putih Dapat Membantu Mencegah Kanker
Menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih segar dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Menurut Studi Kesehatan Wanita Iowa, wanita yang makan bawang putih secara teratur dengan sayuran dan buah-buahan lainnya memiliki peluang 35% lebih rendah terkena kanker usus besar. Namun, para peneliti setuju bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.


5. Bawang Putih Memiliki Sifat Antibiotik
Bawang putih mengandung allicin. Allicin adalah antibiotik bioaktif yang dapat membantu melawan infeksi dan bakteri pada cengkih yang diiris, diremas, atau dipotong dadu. Ekstrak bawang putih telah terbukti dapat menekan pertumbuhan:
• Unsur jamur
• Unsur Protozoa
• Infeksi virus
• Banyak bakteri, misalnya Salmonella

6. Bawang Putih Dapat Mencegah Alzheimer dan Demensia
Bawang putih memiliki antioksidan tinggi, yang membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif di tubuh Anda. Sifat antioksidan ini dapat membantu mencegah penyakit kognitif tertentu seperti demensia dan Alzheimer. Namun, ambil yang ini dengan sejumput bawang putih. Namun, mengonsumsi suplemen bawang putih dosis tinggi tidak berarti Anda akan kebal terhadap penyakit. Khasiat obat bawang putih hanya dapat meningkatkan kesehatan sampai titik tertentu.


7. Bawang Putih Dapat Meningkatkan Performa Atletik
Bahan ini adalah salah satu peningkat kinerja paling awal yang tersedia. Bawang putih digunakan di masa lalu untuk menghilangkan keletihan dan meningkatkan jam kerja dan daya tahan pekerja. Itu juga diberikan kepada atlet Olimpiade Yunani untuk meningkatkan kinerja atletik mereka.

8. Bawang Putih Membantu Mendetoks Tubuh
Detoksifikasi adalah proses membuang hal-hal yang tidak termasuk dalam tubuh. Ini adalah bagian penting dari kesehatan yang baik dan umur panjang.Kita terpapar berbagai macam bahan kimia dan senyawa setiap hari saat hidup di dunia saat ini. Banyak dari senyawa ini tidak sehat dan bahkan dapat merugikan tubuh. Lingkungan, air, dan makanan meliputi:
• Pestisida dan bahan kimia yang digunakan dalam pertanian
• Radiasi dll dari pembangkit nuklir
• Produk perawatan pribadi yang mengandung bahan kimia
• Pembersih rumah tangga
• Produk rumah tangga lainnya. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *