74 Sekolah Tingkat SMP akan Melaksanakan UN Berbasis Komputer

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ujian Nasional (UN) tingkat SMP akan digelar pada 23-26 April mendatang. Rencananya, sebanyak 74 sekolah baik negeri maupun swasta di Sukoharjo akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK). Saat ini, 74 sekolah tersebut sudah menyiapkan sarana prasarana untuk melaksanakan UNBK. Baik sarana berupa komputer maupun jaringan internet.



“Simulasi “Computer Based Test” atau UNBK sudah dilaksanakan dan berjalan lancar. Jumlah SMPN yang melaksanakan UNBK ada 41 sekolah,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno, Senin (2/4).

Dikatakan Darno, pelaksanaan UNBk tidak hanya di SMPN saja. Pasalnya, SMP swasta juga banyak yang menggelar UNBK. Sesuai data Disdikbud, pelaksanaan UNBK akan dilakukan di 74 sekolah dari 86 sekolah tingkat SMP yang ada. Terdiri atas 41 SMPN, dua MTsN, 21 SMP swasta dan 10 MTs swasta. Untuk 12 sekolah lainnya akan menumpang di sekolah lainnya yang sudah memiliki sarana prasarana lengkap.

“Peserta UNBK tingkat SMP di Sukoharjo akan diikuti 12.214 siswa. Untuk sekolah yang belum memiliki sarana prasana UNBK akan menumpang di sekolah lain terdekat,’ ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Disdikbud) Sukoharjo Dwi Atmojo Heri menambahkan, selama ini dinas sudah menggelar ujicoba pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. Dari ujicoba tersebut, diketahui siswa SMP swasta masih unggul di tiga mata pelajaran (Mapel) dari empat mata pelajaran yang diujikan dalam UN.

Pelajar SMP Negeri di Kabupaten Makmur hanya unggul di Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Empat mapel yang diujukan nanti adalah Mapel Bahasa Indonesia, Mapel Bahasa Inggris, Mapel Matematik dan Mapel IPA. Siswa SMPN hanya untuk Mapel IPA. Nilai tertinggi untuk tiga mapel lainnya diraih oleh siswa SMP swasta.

“Hasil ujicoba ini saya harap menjadi motivasi bagi pengelola sekolah untuk memacu siswa giat belajar. Ujicoba sudah selesai dan pihak sekolah mulai melakukan pendalaman soal maupun materi empat Mapel UN, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.