Ragam  

7.622 Ibu dan Anak PAUD Hasilkan Celengan Dari Barang Bekas Raih Muri

Bunda PAUD Sukoharjo Etik Suryani saat menerima penghargaan Muri terkait kegiatan kegiatan membuat celengan dari barang bekas oleh pasangan ibu dan anak usia dini terbanyak, Sabtu (30/3)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Berkreasi dengan barang bekas menjadi tema yang diangkat oleh ibu dan anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sukoharjo. Dengan barang bekas, sebanyak 7.622 orang pasangan ibu dan anak membuat celengan, Sabtu (30/3) di Gedung PGRI. Kegiatan tersebut berhasil masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Tengah.



“Pemecahan rekor Muri ini melibatkan siswa PAUD beserta ibu di seluruh Sukoharjo. Jadi, temanya adalah membuat celengan dari barang bekas, bisa botol atau kaleng bekas,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno.

Menurutnya, dinas sengaja melibatkan siswa dalam berkreasi membuat celengan dari barang bekas karena salah satunya untuk menanamkan pendidikan karakter. Pasalya, bahan yang dipakai membuat celengan merupakan barang tidak terpakai dan bisa dimanfaatkan lagi. Darno menilai, membangun kreativitas bisa dimulai dengan memanfaatkan barang bekas yang mudah ditemukan disekitar.

Sedangkan Bunda PAUD Kabupaten Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, setiap anak memiliki dasar potensi yang bisa terus dikembangkan. Etik yang juga istri Bupati Sukoharjo tersebut melanjutkan, dengan pendampingan dari keluarga dan sekolah diharapkan anak dapat menampilkan kreativitas seperti ditunjukkan dalam kegiatan membuat celengan bersama dari barang bekas.

“Apa yang dilakukan anak dan ibunya untuk berkreasi dengan berang bekas tentu membanggakan tidak hanya bagi sekolah namun juga Kabupaten Sukoharjo karena celengan dari barang bekas tersebut mampu mengantarkan mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut diperoleh dari Muri dan Walhi Jawa Tengah,” ujarnya.

Perwakilan Muri Sri Widayati mengatakan, Kabupaten Sukoharjo sudah berulang kali mendapatkan penghargaan dari Muri. Untuk penghargaan MURI dengan kegiatan membuat celengan dari barang bekas oleh pasangan ibu dan anak usia dini terbanyak memecahkan rekor sebelumnya. Kegiatan serupa yang masuk Muri dilakukan di Jambi pada 7 November 2015 dengan jumlah peserta sekitar 3.541 orang. Dalam kegiatan tersebut, jumlah pesertanya mencapau 7.622 orang peserta berasal dari pasangan ibu dan anak usia dini.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Walhi Jawa Tengah Ismail Al Habib mengatakan, Walhi Jawa Tengah sangat mengapresiasi ide penggunaan barang bekas dalam sebuah kegiatan massal yang melibatkan banyak peserta. Terlebih lagi peserta berasal dari anak anak usia dini. “Ide ini sangat bagus karena meningkatkan kretivitas anak-anak dengan barang bekas sehingga turut menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *