6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Makanan wajib bagi penderita asam lambung. (Foto: Jovee)

Sukoharjonews.com – Bagi pengidap penyakit asam lambung, pemilihan makanan sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, sebagian besar penyebab asam lambung tidak sembuh karena salah memilih makan. Paasalnya, ketika asam lambung naik dan kambuh, hal ini akan membuat si penderita merasa tidak nyaman dan kesakitan.


Agar tidak memperparah kondisi asam lambung yang sedang naik, simak kutipan rekomendasi buah yang bisa dimakan penderita asam lambung dari Channel Youtube Pauline Wahyuni, Jumat (25/11/22) berikut ini :

1. Nasi
Karena nasi merupakan karbohidrat yang mengenyangkan perut kita, dia juga bisa mengisi rasa lapar dari lambung kita. Yang terpenting, nasi bisa mengisi rasa lapar dalam waktu lama. Jadi tidak membuat kita sedikit – dikit merasa lapar. Perlu diingat, jika perut sudah merasa sakit, kita tidak boleh membiarkan lambung kita merasa lapar dalam jangka lama. Jika sedang parah, kalian harus membuatnya menjadi bubur. Tekstur bubur yang lembut, dapat mempermudah untuk dicerna oleh lambung.

2. Oatmeal
Oatmeal bagus untuk penderita asam lambung, karena oatmeal mengandung serat, rendah gula, dan gandum yang utuh. Oatmeal cocok dimakan ketika sarapan. Jangan campurkan topping oatmeal dengan coklat atau kacang, karena itu tinggi gula dan akan memicu naiknya asam lambung. Pastikan oatmeal matang sampai menjadi seperti bubur.


3. Makanan sehat
Makanan sehat disini maksudnya adalah makanan yang rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula. Alasan harus rendah lemak karena makanan yang berlemak lebih sulit dicerna. Makanan yang terlalu lama di lambung, akan meningkatkan asam lambung. Makanan yang manis dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu makanan asin bisa meningkatkan bakteri H. Pylori yang bisa meningkatkan maag kita.

4. Daging rendah lemak dan teksture yang lembut
Contohnya ayam dan ikan. Karena teksturnya yang lembut lebih mudah tercerna di dalam perut. Namun baiknya konsumsi ikam dan daging dengan direbus, dikukus, atau dipanggang.


5. Buah yang tidak asam dan bergetah
Buah buahan ini aman untuk kita penderita asamnlambung. Contohnya apel, pir, alpukat, melon, persik, pepaya. Bahkan buah – buahan ini mengandung serat, magnesium dan kalium.

6. Susu rendah lemak, tanpa lemak, dan tidak mengandung kalsium tinggi
Karena makanan atau minuman yang mengandung lemak serta kaya akan kalsium seperti susu, keju, itu merupakan sumber lemak jenuh yang bisa menyebabkan asam lambung kita naik dan perut merasa tidak nyaman serta kembung. Susu yang bisa kita konsumsi antara lain yang berlabel low fat, non fat, dan pilih yang tidak kaya akan kalsium. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *